• Maria Yuliana Kusrini

Ayam Betutu Pedas Berempah Asli Gilimanuk

Berkunjung ke Bali, selain untuk menikmati pesona alam dan budayanya yang luar biasa indah, tentu juga untuk kulineran. Dari sekian banyak menu khas Bali, ayam betutu menjadi salah satu pilihan kuliner yang banyak diburu oleh setiap wisatawan. Sajian khas Gilimanuk, Bali ini begitu diminati karena memiliki citarasa lezat karena kaya akan penggunaan rempah dan menyuguhkan sensasi rasa pedas.


Ayam betutu memang terkenalnya atau khasnya wilayah Gilimanuk, Bali. Meski demikian, untuk bisa menikmati ayam betutu ini kini tak harus mengunjungi kawasan Gilimanuk saja. Itu karena di kawasan Bali lainnya sudah terdapat banyak tempat makan yang menjadikan ayam betutu khas Gilimanuk ini sebagai salah satu menu unggulannya. Salah satunya adalah restoran bernama Ayam Betutu Khas Gilimanuk Paon Mek Tut yang berlokasi di kawasan wisata belanja dan kuliner ‘Krisna’.


Tempat makan ini menjadikan olahan Ayam Betutu sebagai menu unggulannya. Ada dua jenis Ayam Betutu yang ditawarkan di sini, yakni Ayam Betutu Kuah dan Ayam Betutu Goreng. Keduanya sama-sama menarik, namun punya sensasi yang berbeda. Untuk penggemar citarasa pedas, bisa menjadikan Ayam Betutu Kuah sebagai pilihan. Ayamnya disajikan dengan kuah berbumbu rempah dan memiliki rasa yang lebih pedas jika dibandingkan dengan si ayam gorengnya.


Bumbu betutu khas Bali ini menggunakan bumbu maganep atau ganep, bumbu wewangenan, garam, dan minyak kelapa yang dibalurkan pada seluruh daging ayamnya. Penggunaan bumbunya yang melimpah dan banyak, menjadikan olahan ayam ini pun begitu lezat. Ayam Betutu ini pun disajikan bersama dengan nasi putih, sambal matah, sambal merah, kacang tanah goreng, dan rebusan sayur (kangkung dan taoge).

Selain Ayam Betutu, tempat makan ini juga menyediakan menu khas Bali lainnya. Mulai dari Sate Lilit, Gurame Nyat-nyat khas Kintamani, nasi campur, sup gurame, dan lainnya. Lokasinya yang ada di area Krisna menjadikan tempat ini ramai dikunjungi oleh pengunjung.

Ayam Betutu Paon Mek Tut

Krisna Wisata Kuliner, Jl. Raya Tuban, Badung, Kuta, Bali

0361 – 268077

© 2019 yukmakan channel