top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Baru Umur Setahun, Flip'NFry Terima Sertifikasi Halal

Mengawali tahun 2024 ini, Flip’NFry sebagai pionir waffle sandwich ala Amerika menerima Sertifikasi Halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementrian Agama Republik Indonesia. Adanya Sertifikat Halal ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menjadikan Flip’NFry sebagai restoran favorit keluarga.



Penyerahan Sertifikat Halal itu dilakukan pada Kamis, 25 Januari 2024 yang berlokasi di Flip’NFry Emporium Pluit, Jakarta Utara. Sertifikat Halal itu langsung diserahkan oleh Kepala BPJPH Kemenag RI yang diwakili oleh Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi BPJPH pada pihak Flip’NFry. Diterimanya Sertifikat Halal ini pun menjadi sebuah hadiah spesial bagi Flip’NFry yang di bulan Januari 2024 ini juga merayakan hari jadinya yang pertama.


" Kami sangat mengapresiasi komitmen Flip'NFry untuk menciptakan restoran yang aman. Hal ini sejalan dengan komitmen BPJPH yang ingin mewujudkan penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (JPH) yang semakin berkualitas. Proses sertifikasi halal yang dilakukan oleh BPJPH Kemenag khususnya terhadap bisnis F&B melibatkan tiga pihak, yaitu BPJPH, MUI dan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), dalam hal ini Sucofindo. Masing-masing pihak memiliki tugas dan tanggung jawabnya dalam tahapan sertifikasi halal, sejak dari pengajuan pemilik produk hingga terbitnya sertifikat. Proses ini bertujuan untuk memberikan jaminan dan perlindungan kepada masyarakat bahwa produk yang mereka konsumsi telah sesuai dengan syariah Islam. Selain itu, proses ini juga memberikan manfaat bagi pelaku usaha, seperti meningkatkan kepercayaan konsumen, memperluas pasar, dan meningkatkan kualitas produk," ujar Siti Aminah selaku Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi BPJPH.



Ditambahkan oleh Siti Aminah jika masa berlaku Sertifikat Halal ini sekarang tidak hanya terbatas 2 atau 4 tahun saja. Tetapi berlaku untuk selamanya, asalkan tidak ada perubahan menu atau komposisi bahan pada menu yang pernah didaftarkan. Untuk penambahan gerai, brand juga wajib melaporkannya dan didaftarkan kembali untuk mengurus Sertifikat Halalnya.


Agus Suryanto, Kepala Lembaga Pemeriksa Halal PT Sucofindo juga menambahkan jika proses pemeriksaan kehalalan di Flip'NFry telah dilakukan mulai dari daftar bahan baku, sertifikat halal dari pemasok, SJPH, fasilitas, dan proses produksi. Pemeriksaan itu dilakukan sesuai dengan dokumen pada penerapan di lapangan, seperti aspek perolehan bahan, distribusi bahan ke lokasi produksi, penyimpanan, pengolahan, penandaan, dan sebagainya. Tak ketinggalan, Lembaga Pemeriksa Halal juga telah mengambil sampel produk untuk diuji di laboratorium. Setelahnya, Flip'NFry dinyatakan layak mendapat Sertifikat Halal.



Sertifikat Halal yang telah diterima Flip'NFry ini menjadi langkah Flip'NFry dalam menunjukkan komitmennya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengunjung. Sehingga seluruh menu yang ditawarkan Flip'NFry sudah terjamin kehalalannya, kebersihannya, dan juga keamanannya. Flip'NFry selama ini menghadirkan olahan waffle gurih sebagai sajian utamanya yang dipadukan dengan olahan ayam buttermilk ala Amerika. Olahan ayam ini terasa begitu istimewa karena melewati tahap marinasi selama 24 jam sehingga dagingnya terasa juicy. Salah satu menu unggulan Flip'NFry terdapat menu yang bernama Holly Molly.


Flip'NFry yang dipayungi PT. Karya Boga Perkasa ini didirikan oleh dua orang sahabat, yakni Rida Saputra Widjaja (Ian) dan Martinus Tara. Menurut Founder Flip'NFry sekaligus Presiden Direktur PT Karya Boga Perkasa, Rida Saputra Widjaja, Flip'NFry ingin meningkatkan kepercayaan konsumen di Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.



"Kami ingin tingkatkan kepercayaan konsumen Indonesia dalam memilih makanan. Apalagi, sejumlah pengunjung yang datang ke gerai Flip’NFry sering menanyakan sertifikasi halal. Dan di hari ini yang juga tepat 1 tahun FlipNFry hadir di Indonesia, kami bersyukur dapat melaksanakan peresmian sertifikasi halal. Peresmian ini bukan hanya sekedar pencapaian, namun sebagai tonggak yang bersejarah bagi kami sekaligus bentuk komitmen kami untuk mengembangkan produk ini ke seluruh masyarakat dan stakeholder kami. Kami melakukan semuanya dengan transparan, sehingga semuanya bisa tahu produk kami mulai dari bahan bakunya, proses pembuatannya atau pengolahannya, dan lainnya. Hal ini pun akan memperluas pengembangan bisnis kami ke depannya," ujar pria yg akrab disapa Ian itu.


Seiring meningkatnya kepercayaan pasar pada Flip'NFry yang telah bersertifikat Halal, tahun ini Flip'NFry juga melakukan perluasan pasar. Hal itu dilakukan dengan akan dibukanya outlet terbaru dari Flip'NFry yang berlokasi di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan di pertengahan tahun ini. Outlet terbaru itu, nantinya akan jadi outlet keempat dari Flip'NFry di Tanah Air. Saat ini, Flip'NFry sudah memiliki tiga outlet yang berlokasi di Emporium Mall Pluit, Mall Of Indonesia (MOI) Kelapa Gading, dan MargoCity Mal Depok.

Comentários


bottom of page