• Maria Yuliana Kusrini

Beauty of Indonesia Diluncurkan Starbucks di Moment HUT RI Ke-77

Starbucks telah meluncurkan koleksi merchandise terbarunya yang diberi nama “Beauty of

Indonesia”. Produk berupa tumbler dan mug ini dihadirkan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 yang sekaligus terinspirasi dari kekayaan budaya di Tanah Air. Keberadaan koleksi merchandise ini pun tak lepas dari dukungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta kolaborasi dengan dua seniman berbakat Indonesia untuk mengekspresikan dan menampilkan karya-karyanya.



Hadirnya koleksi merchandise lokal terbaru dari Starbucks ini hadir berkat kolaborasi dengan Naela Ali dan Hari Prasetyo. Naela Ali adalah seorang desainer grafis, ilustrator, dan pengusaha muda asal Jakarta. Gayanya dicirikan oleh banyak karya sederhana dan modern yang dibuat dengan teknik cat air. Ide Starbucks untuk menuangkan kekayaan budaya Nusantara ini disambut baik oleh tangan kreatif Naela sehingga bersama melahirkan koleksi “People of Indonesia” yang menggambarkan keragaman suku bangsa di Tanah Air, dan “Flora and Fauna of Indonesia” yang menggambarkan flora dan fauna Indonesia yang unik dan eksotik.


Sementara itu, Hari Prasetyo, atau yang biasa disebut Hari Prast, adalah seorang ilustrator dan komikus asal Tulungagung, Jawa Timur yang dikenal dengan gaya ilustrasi ligne clare. Anda dapat menemukan karya seninya pada desain “Landmark of Indonesia” yang mewakili landmark terkenal dan ikonik di Indonesia dan “Culture of Indonesia” yang menampilkan beragam makanan dan budaya Indonesia.


“Perayaan Hari Kemerdekaan selalu menginspirasi orang-orang untuk lebih mencintai negaranya. Kami wujudkan dengan memperkenalkan koleksi merchandise terbaru Starbucks yang dari segi desainnya sudah sangat kental dengan suguhan budaya Indonesia. Kami berkolaborasi dengan dua seniman muda berbakat yang memiliki tujuan yang sama untuk

menginspirasi dan menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dalam menciptakan produk ini, yaitu Naela Ali dan Hari Prasetyo. Dengan kolaborasi kreatif ini, kami berharap agar dapat memperkuat misi kami untuk selalu menginspirasi dan menumbuhkan semangat kemanusiaan di tengah komunitas yang kami layani,” ujar Liryawati selaku CMO PT Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi merek Starbucks di Indonesia.



Ada enam desain berbeda yang diluncurkan Starbucks dan bisa didapatkan oleh masyarakat luas. Koleksi merchandise unik itu terdiri dari empat desain tumbler dan dua desain mug. Semua koleksi tumbler tersedia pada 8 Agustus 2022 sedangkan mug tersedia mulai tanggal 12 Agustus 2022. Produk spesial ini pun bisa dijumpai di semua gerai Starbucks di Indonesia, selama persediaan masih ada.


Pemerintah juga menyoroti merchandise ini yang dinilai dapat menciptakan inovasi dan kreativitas budaya di kalangan generasi muda. “Kami berterima kasih atas usaha, antusiasme Starbucks dalam memperkenalkan dan mempopulerkan budaya Indonesia melalui koleksi merchandisenya. Ini konsisten dengan tujuan kami untuk mendorong inovasi dan kreativitas budaya para kaum muda. Kami berharap agar semakin banyak pelaku usaha yang terinspirasi untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia secara berkelanjutan di masa yang akan datang,” ujar Drs. Fitra Arda, M.Hum, Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.