• Maria Yuliana Kusrini

Berbagai Kreasi Hidangan Nusantara dan Menu ala Timur Tengah Otentik di Manhattan Hotel Jakarta

Manhattan Hotel Jakarta menjadi salah satu destinasi menginap yang berlokasi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan yang tahun 2022 ini genap berusia 16 tahun. Bertepatan dengan moment hari ulang tahunnya, Manhattan juga memperkenalkan promo terbarunya khusus di moment Ramadhan yang sebentar lagi akan berlangsung.


Khusus untuk promo buka puasa, Manhattan mengusung tema ‘Taste of Indonesian & Middle East Cuisine’. Sesuai dengan tema yang dipilih, maka setiap tamu yang datang akan menemukan berbagai hidangan tradisonal Nusantara yang juga diramaikan dengan sajian Timur Tengah bercitarasa otentik. Berbagai menu yang dihadirkan merupakan hasil kreasi dari Fiesta R. Saputra selaku Cluster Executive Chef Jakarta dan timnya. Pria yang akrab disapa Chef Fiesta itu memang terbukti sangat piawai dalam menyajikan aneka hidangan khas Timur Tengah. Itu karena pengalamannya yang sudah sangat lama berkarya di sana.


Khusus untuk moment Ramadhan, Chef Fiesta akan menghadirkan beberapa menu khas Timur Tengah yang bisa dijumpai di salah satu restoran Manhattan, yakni Central Park Restaurant. Beberapa menu unggulannya seperti Lamb Couscous, Chicken Kabsah, Vegetable Tagine, hingga Falafel. Lamb Couscous merupakan hidangan sehat yang menjadikan couscous sebagai bahan utamanya yang dipadukan dengan olahan daging domba khas Timur Tengah yang dimasak dengan metode slow cooking. Ada juga olahan ayam yang dipadukan dengan nasi bernama Chicken Kabsah. Hidangan itu memadukan nasi gurih berempah dengan saffron yang disajikan dengan ayam oven berbumbu rempah.


Penyuka sayuran dengan citarasa rempah khas Middle East bisa menjadikan Vegetable Tagine yang menjadikan sayuran dan rempah sebagai paduannya. Sayuran yang digunakan antara lain paprika, kembang kol, wortel, dan juga kentang yang dimasak dengan kaldu sayur, kunyit, hingga rempah khas Timur Tengah. Sebagai camilannya, ada juga hidangan bernama Falafel yang berupa gorengan ala Timur Tengah yang dibuat dari chick peas yang disandingkan dengan saus tahina.


Untuk hidangan Nusantaranya, tamu akan dimanjakan dengan banyak hidangan mulai dari menu pembuka, tajil, aneka dessert, dan sajian berat lainnya. Untuk pilihan tajilnya, akan ada varian bubuk manis dan Nusantara seperti Bubur Candil, Kolak Pisang, Biji Salak, Bubur Kampiun, Es Cendol, hingga Es Selendang Mayang. Untuk hidangan lainnya, ada olahan woku, Soto, Tongseng Kambing, Ayam Taliwang, Sayur Lodeh, aneka bacem, Asinan Jakarta, Gado-gado, dan masih banyak lainnya. Siapa pun yang ingin menikmati seluruh hidangan ini cukup membayar Rp 325.000,- net per orang.