top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Berbuka Puasa Dengan Menu Nusantara Legendaris di Aston Kartika Grogol

Bulan Ramadan menjadi momen yang paling dinanti dan kini sudah mulai dipersiapkan diberbagai tempat. Salah satunya di Hotel Aston Kartika Grogol yang juga sudah menghadirkan promo Ramadan spesial. Mengangkat tema “Delight of Nusantara”, Aston Kartika Grogol tahun ini secara khusus akan menyajikan menu khas Nusantara yang legendaris bahkan nyaris punah.



Sesuai dengan temanya, maka hidangan yang disajikan berupa menu khas Nusantara. Uniknya lagi, menu Nusantara itu beberapa di antaranya berupa menu Nusantara yang cukup legendaris dan sebagian ada yang sudah sulit untuk ditemukan oleh masyarakat. Sebagai menu andalannya antara lain Dendeng Batokok, Ayam Tangkap, hingga Sayur Babanci khas Betawi.


Untuk menu Dendeng Batokok membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam pembuatannya. Irisan daging tipis yang kering dan renyah, dibalut cabai merah membuatnya semakin nikmat. Konon penamaan Batokok berasal dari kata tokok yaitu pukul, sesuai dengan proses pembuatannya yaitu daging yang sudah diiris tipis kemudian dipukul dengan tujuan agar daging semakin lembut dan bumbu rempah lebih meresap.



Ada juga Ayam Tangkap, yaitu ayam goreng khas Aceh yang dimasak dengan bumbu daun kari serta daun jeruk yang meresap. Selain aromanya yang wangi berempah, tekstur daging ayamnya juga terasa lembut. Konon nama menu ini sesuai dengan tradisi yang mengakar pada masyarakat Aceh kala itu yang harus menangkap ayam terlebih dahulu sebelum kemudian memasaknya.


Tak kalah menariknya pula dengan Sayur Babanci. Menu ini merupakan salah satu kuliner legendaris khas Betawi yang sudah langka. Penamaannya pun tergolong unik, dikatakan sebagai sayur padahal tidak ada campuran sayur di dalamnya. Konon sayur ini sudah ada dari zaman peranakan Betawi - Tionghoa, sehingga Babanci ditengarai sebagai akronim dari Baba dan Enci. Bahan-bahan yang digunakan juga tergolong langka, sehingga menjadikan Sayur Babanci kini sebagai menu yang jarang ditemukan.


Melengkapi sajian berbuka puasa, tak lupa Aston Kartika Grogol juga menyediakan berbagai hidangan takjil. Mulai dari Mie Glosor, martabak telur, pastel, asinan, jagung bakar, kolak talas, kolak pisang hingga nangka, bubur candil, talam srikaya, wajit ketan, dan masih banyak lainnya.



“Ramadan merupakan momen yang identik dengan reuni dan kenangan, karena itu kami terinspirasi menciptakan nuansa nostalgia melalui menu utama kami tahun ini. Kami juga selalu melakukan riset terlebih dahulu, termasuk saat mempersiapkan menu menyambut Ramadan kali ini. Melalui menu Nusantara yang legendaris ini, kami berharap bisa menambah hangat nuansa silaturahmi saat berbuka puasa bersama keluarga dan kerabat," terang Chef Nurdin selaku Executive Chef Aston Kartika Grogol.



Berbagai menu spesial Ramadan yang tersaji buffet di Aston Kartika Grogol ini dibandrol dengan harga Rp 190.000,++ per orangnya. Selain itu, juga ada promo seperti potongan 10% di periode early bird hingga 22 Maret 2023. Dan juga ada promo beli 10 pax, maka akan mendapatkan gratis 1 pax. Yuk rayakan moment Ramadanmu bersama orang-orang terkasih di Hotel Aston Kartika Grogol.


bottom of page