• Novi Amaliyah

Berburu Kopi di Jakarta Coffee Week 2019

Bagi penikmat dan pecinta kopi pasti menunggu-nunggu acara satu ini. Apalagi kalau bukan Jakarta Coffee Week atau JACOWEEK 2019. Acara ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai dari 30 Agustus  hingga 1 September 2019 di Swissotel Ballroom PIK Avenue, Jakarta Utara. Event ini akan menghadirkan sekitar 120 tenant kopi dengan ragam kopi unggulannya masing-masing.



Tahun ini mengangkat tema "Be Kind, JACOWEEK 2019". Menurut Willyanto, General Manager dari ABCD School of Coffee sebagai penyelenggara JACOWEEK 2019 jika pada gelaran ini semua pihak harus turut berpartisipasi dengan ambil bagian dalam menekan penggunaan sampah plastik dari konsumsi kopi harian. Salah satunya seruan kepada semua tenant untuk tidak menyediakan sedotan plastik dan kantung plastik. Disarankan juga untuk pengunjung agar membawa tumbler sendiri serta mengganti sedotan plastik dengan sedotan kertas, stainless steel, atau bambu yang sudah banyak ditemukan dengan mudah saat ini sehingga lebih ramah lingkungan.


“Ada sekitar 120 tenant kopi serta pasar kopi dari SCOPI yang akan menjajakan biji kopi pilihan dari para petani kopi Nusantara. Tahun lalu, pengunjung JACOWEEK mencapai 21.000 pengunjung, tahun ini akan menargetkan 25.000 pengunjung. Dengan harapan meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga lingkungan serta melestarikan masa depan kopi special Indonesia dan dunia,” tambah Willy.



Sementara itu, Muhamad Gumilang, Senior Vice Presiden Retail Deposits Product & Solution Bank Mandiri menambahkan jika Jakarta Coffee Week merupakan ajang yang penting untuk mempertemukan secara langsung berbagai pelaku industri kopi mulai dari pemilik kafe, roaster, petani kopi, dan para pecinta kopi atau penikmat gaya hidup ngopi. Acara ini juga membuka jalur komunikasi yang bisa membuat konsumen dan produsen saling kenal dan lebih dekat. Bank Mandiri berharap dapat menguatkan dan memajukan industri kopi spesial Indonesia agar tidak menjadi tren sesaat, melainkan menjadi budaya dan gaya hidup sehingga tercipta keberlangsungan industri yang terus berkembang dari hulu ke hilir. Sehingga kehidupan petani kopi Indonesia juga menjadi lebih baik.


JACOWEEK 2019 juga akan diramaikan kompetisi tahunan. Di antaranya Indonesia Aeropress Championship 2019 dan Fire and Gas Roasting Competition 2019 untuk para barista dan roaster. Juga ada JACOWEEK Cup of Awarness 2019 dan JACOWEEK People of Choice 2019 untuk para petani kopi Indonesia. sedangkan untuk para tenant akan ada lomba JACOWEEK most Be Kind Booth dan JACOWEEK Most Plastic Usage. Untuk harga tiket masuk JACOWEEK 2019 dibanderol Rp 50.000,- dan hanya bisa dibeli menggunakan produk dari bank Mandiri berupa Debit Mandiri, Credit Mandiri, ataupun E-Money.

© 2019 yukmakan channel