top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Bisnis Darma Mangkuluhur, Mulai dari Kuliner, Hotel, Hingga Golf

Di Tanah Air ini, ada banyak sekali pelaku bisnis yang sukses dengan bidang usahanya masing-masing. Tak terkecuali dengan cucu Presiden kedua Indonesia, yakni Darma Mangkuluhur Hutomo yang memiliki banyak usaha dan bisnis berbeda di Tanah Air. Meski masih terbilang muda, tapi pria yang akrab disapa Darma itu sukses menjalankan berbagai bisnisnya. Baik itu yang bergerak di bidang kuliner, perhotelan, golf, dan lainnya.



Bisnis pertama yang telah ditekuni oleh putra sulung dari Hutomo Mandala Putra atau Tommy Suharto itu ada di bidang kuliner. Darma mengaku jika dirinya pertama kali menjalankan bisnis yang serius dengan membuka tempat makan bernama Boca Rica Tapas Bar and Lounge. Pertama kali buka di tahun 2018 silam, tempat makan ini menghadirkan ragam hidangan khas negara Spanyol. Bisnis kuliner itu ia buka karena sebelumnya ia pernah tinggal dan kuliah di Barcelona, Spanyol. Ia pun ingin menghadirkan sajian khas Spanyol yang menarik untuk dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia di Jakarta.


“Dulu saya kuliahnya di Barcelona, Spanyol. Dari situ, kepikiran dan pengan bawa kuliner dan suasana Spanyol ke Indonesia. Apalagi bisa dibilang kuliner Spanyol yang ada di Indonesia itu sangat terbatas sekali jumlahnya. Padahal, Spanyol punya kuliner yang sangat menarik. Saya ingin supaya orang Indonesia juga bisa menikmatinya. Di Boca Rica, terhidangan aneka hidangan khas Spanyol, namun dengan citarasa yang sudah dipadukan atau disesuaikan dengan lidah Indonesia,” ungkap Darma saat dijumpai di Hotel Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta saat buka puasa bersama dengan Himpunan Anak Media (HAM) Jakarta.



Bisnis kuliner Darma tidak hanya berhenti di Boca Rica yang berlokasi di Jakarta Selatan itu saja. Ia pun pernah menghadirkan pengalaman kuliner baru, unik, dan berbeda di Ibu Kota. Bernama Lounge in The Sky, tempat makan ini berupa restoran gantung di atas ketinggian. Berlokasi di kawasan Mangkuluhur City, Jakarta Selatan, restoran ini pun menguji adrenalin setiap tamunya untuk menikmati aneka hidangan spesial di atas ketinggian. Tempat makan yang begitu viral dan unik ini didatangkan langsung dari Brussel, Jerman. Genap satu tahun mewarnai dan meramaikan Jakarta, Lounge in The Sky pun berpindah ke pulau Dewata, Bali. Lounge in The Sky ini memiliki konsep setiap tahunnya berlokasi di satu kota, dan akan berpindah ke kota lainnya. Tujuannya, tentu saja ingin menghadirkan pengalaman dan sensasi makan berbeda bagi setiap masyarakat di Tanah Air.


Darma yang juga mengaku suka travelling, juga mengungkapkan jika hospitality turut berperan besar dalam kehidupannya. Untuk itulah, ia pun juga menggerakkan bisnisnya di bidang itu. Hospitality, khususnya bidang perhotelan pun kini tengah ia tekuni. Untuk bidang perhotelan sendiri, Darma telah menjabat sebagai Direktur Utama untuk jaringan Hotel Lorin yang saat ini ada di Sentul, Solo, Belitung, dan Bali. Tak hanya Lorin, Darma juga memegang kendali atas Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta. Khusus untuk hotel yang satu ini, Darma menjalin kerjasama dengan Artotel Group sebagai salah satu operator hotel di Indonesia sebagai mitra bisnisnya.


Di luar pengelolaan bisnis perhotelan yang telah berjalan, pria kelahiran Jakarta, 8 Agustus 1998 itu pun akan membangun fasilitas bisnis baru. Bergerak di bidang golf, bisnis baru itu digadang-gadang akan mengundang minat wisatawan lokal maupun asing. Bisnis golfnya berlokasi di kawasan New Kuta Golf, Pecatu, Bali. Di sana, Darma akan mendirikan salah satu lapangan golf terbaik di Indonesia dengan lahan seluas empat hektar. Tak hanya lapangan golf saja, rencananya area itu juga akan dilengkapi dengan butik hotel berkonsep mewah dan unik yang belum pernah ada sebelumnya.


“Kami sedang mempersiapkan wisata golf, yakni berupa lapangan golf sekaligus hotel di Bali. Uniknya itu very golf oriented, gak cuma wisata saja. Jadi, kita akan bangun butik hotel yang mewah, lengkap dengan fasilitas kebugaran, kemudian dari dalam kamar bisa menikmati teh dengan view lapangan golf. Ini akan menjadi pengalaman menarik bagi orang yang sangat menyukai golf ataupun bagi mereka yang baru bermain golf,” tutup Darma Mangkuluhur Hutomo yang kini menjabat sebagai Direktur Utama PT Humpuss Land.


Comentários


bottom of page