• Maria Yuliana Kusrini

Cerita Rasa Nusantara Kampoeng Tempo Doeloe JF3 Food Festival 2022



Setelah vakum beberapa saat karena adanya pandemi, akhirnya di tahun 2022 ini event akbar tahunan bernama JFFF atau JF3 kembali digelar. Program ini terselenggara berkat kerjasama yang apik antara Summarecon Mall Kelapa Gading dengan Pemerintah DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Tak berbeda dengan event sebelumnya, JF3 menghadirkan event yang berkaitan dengan fashion dan juga kuliner.


Untuk event kulinernya sendiri, JF3 tetap konsisten menghadirkan pameran kuliner yang dikenal dengan nama Kampoeng Tempo Doeloe (KTD). Tahun ini, KTD mengusung tema 'Cerita Rasa Nusantara' yang berlangsung antara tanggal 9 September hingga 9 Oktober 2022. Mengambil lokasi di area La Piazza, Summarecon Mall Kelapa Gading, pengunjung yang mendatangi KTD akan menemukan berbagai tenant kuliner yang menghadirkan beragam pilihan menu khas Nusantara.


Ada lebih dari 500 pilihan menu makanan dari 70 tenant terpilih yang meramaikan KTD. Berbagai menu makanan itu hadir dari berbagai daerah yang menjadi pusat kuliner tanah air, seperti Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya. Dari sekian banyak pilihan kuliner yang ada, secara khusus KTD ingin menghadirkan Menu Kuliner Legendaris yang pastinya sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Setidaknya ada 9 tenant legendaris yang turut meramaikan pagelaran KTD tahun ini. Kesembilan tenant itu adalah Kepala Manyung Bu Fat, Nasi Ayam Semarang Bu Lani, Nasi Krawu Bu Tiban, Empal Gentong, Serabi Notosuman Ny. Handayani, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, Pempek Megaria, Ragusa, dan Es Duren Sakinah Bandung. Kesembilan kuliner legendaris ini dipilih berdasarkan riset dan kurasi yang dilakukan oleh tim KTD, dengan beberapa kriteria. Salah satu kriterianya adalah usaha itu telah berjalan lebih dari 3 dekade dan digemari pecinta kuliner hingga saat ini.



Selain menghadirkan ragam kuliner Nusantara, KTD tahun ini juga diramaikan dengan kegiatan lainnya. Mulai dari beragam acara kompetisi seperti lomba makan porsi besar yang hadir setiap hari senin, lomba makan pedas setiap hari selasa, dan lomba belanja tercepat setiap hari kamis dengan hadiah total jutaan rupiah. Tak hanya itu saja, untuk melengkapi suasana di area KTD, pengunjung dihibur dengan dekorasi unik khas tradisional Indonesia dimana para pengunjung dapat berfoto dan mengabadikan momen kebersamaan dengan rekan dan keluarga. Tidak ketinggalan hiburan musik dan penampilan spesial dari Vira Talisa, Juicy Lucy, Mocca, dan JKT48 juga akan hadir untuk menambah semarak suasana KTD.


“Dengan semakin terkendalinya pandemi, maka dengan sangat bersyukur kami dapat kembali menghadirkan rangkaian acara JF3 secara offline. Tahun ini KTD hadir mendekatkan jarak antara kita dengan makanan-makanan legendaris Indonesia yang hanya ada di kota-kota tertentu. Ragam kuliner yang hadir di JF3 ini juga mewakili cerita dan sejarah bangsa, yang tercipta karena adanya persilangan budaya, dan juga adat istiadat setempat. Selaras dengan gerakan sustainability yang diusung oleh JF3 tahun ini, melalui KTD kami mengajak seluruh pihak untuk terus terus mengenal, menikmati, mencintai dan mendukung keberlangsungan warisan kuliner nusantara hingga lintas generasi," terang Chairman JF3, Soegianto Nagaria.



KTD yang berlangsung selama sebulan penuh ini dibuka setiap hari. Mulai dari hari Senin hingga Kamis yang buka di jam 16.00-21.00 WIB, hari Jumat di jam 16.00-22.00 WIB, Sabtu jam 11.00-22.00 WIB, dan untuk hari Minggu di jam 11.00-21.00 WIB. Seluruh rangkaian acara JF3 Food Festival ini tetap mengutamakan protokol kesehatan, salah satunya adalah wajib menggunakan masker dan tetap menggunakan aplikasi Peduli Lindungi sebagai syarat utama untuk masuk ke area Summarecon Mall Kelapa Gading.