• Maria Yuliana Kusrini

Craftsman Ubud Bali

Kawasan Ubud, Bali menjadi sebuah destinasi kunjungan wajib, khususnya bagi wisatawan yang ingin menikmati nuansa pedesaan yang menyuguhkan suasana tenang dan damai. Istilah kata 'healing' pun kerap dipilih oleh sebagian besar orang untuk menenangkan diri dan biasanya wilayah Ubud pun sangat akrab untuk dijadikan daerah pilihan untuk 'healing' itu.


Yups selain menawarkan suasana pedesaan yang damai dan masih memegang teguh tradisi budaya setempat, wisatawan di Ubud juga akan dimanjakan dengan berbagai tempat makan yang menarik untuk dikunjungi. Setiap lokasinya menawarkan hidangan bercitarasa lezat dan suasana restoran yang hommy. Salah satunya yang bisa dikunjungi dan dijadikan pilihan untuk kulineran adalah tempat makan bernama Craftsman Ubud, Bali.

Tempat makan berkonsep kafe yang berlokasi di Jalan Suweta No. 29, Ubud itu menghadirkan suasana restoran yang asri dan hommy. Masuk ke dalamnya, tamu akan disuguhi area outdoor yang dipercantik dengan aneka tanaman segar dan juga berbagai bunga. Tamu juga bisa memilih untuk duduk di area indoornya yang terasa lebih sejuk dan tenang. Tak kalah asri dengan bagian outdoornya, area indoor juga banyak terdapat tanaman segar dan juga berbagai hiasan seperti lukisan, pahatan patung, dan lainnya.

Mengunjungi Craftsman, tamu bisa memesan berbagai hidangan bergaya fusion. Lengkap mulai dari aneka camilan, menu pembuka, hidangan berat, aneka dessert bercitarasa manis, beragam minuman, dan tentunya juga kopi. Sebagai sajian pembuka atau appetizernya, jangan pernah melewatkan salad istimewa bernama Arthicoke and Grilled Vegetable Salad. Makanan yang juga cocok untuk dipesan oleh vegetarian ini terdiri dari arthicoke, grilled eggplant, zucchini and sundried, tomato, keju mozzarella, dan tentunya rucola salad. Paduan rasa segar dari berbagai bahan yang digunakan berpadu sempurna dengan dressing balsamic yang menemani.

Bersambung ke hidangan yang lebih mengenyangkan, Craftsman juga memiliki berbagai macam hidangan yang menarik untuk dijajal. Sebagai salah satu menu unggulannya, jangan pernah melewatkan sajian bernama Beef Wagyu Truffle Rice Bowl. Olahan nasi bercitarasa gurih nikmat ini memadukan lembutnya teriyaki wagyu beef bersama dengan pulennya nasi Jepang, telur, serta aroma truffle oil yang istimewa. Makin serunya lagi, pada seporsi hidangan ini juga terdapat jahe merah dan wasabi yang rasanya begitu segar di lidah.


Bagi yang ingin menyantap hidangan non halal, Craftsman juga menyediakan pilihan itu. Salah satu yang direkomendasikan adalah spaghetti bernama Crispy Pork Aglio Olio. Olahan spaghetti bercitarasa pedas gurih ini menjadikan spaghetti sebagai bahan utamanya yang ditemani dengan crispy pork belly yang diperkaya dengan bawang putih, cabai kering, dan juga minyak zaitun. Renyahnya daging babi menyatu sempurna dengan spaghetti dan aneka bahan lain yang digunakan.


Chocolate & Raspberry yang menyuguhkan citarasa dark chocolate pekat dan memanjakan lidah

Bersambung ke pilihan bercitarasa manis, ada pilihan dessert seperti Chocolate & Raspberry ataupun Mango Tart. Meski masuk dalam kategori sebagai dessert, namun keduanya menawarkan pilihan rasa yang sangat berbeda. Untuk penggemar olahan cokelat, pasti akan lebih menyukai Chocolate & Raspberry. Citarasa cokelatnya cenderung pekat, itu karena cokelat yang digunakan adalah jenis dark chocolate. Bagian atas dari cakenya dipercantik dengan gelatin dan disajikan dengan pasta raspberry yang asam menyegarkan.


Bagi yang lebih menyukai dessert bercitarasa lebih segar, akan lebih cocok jika menjadikan Mango Tart sebagai pilihannya. Cake ini memang terbuat dari olahan mangga segar dan bercitarasa manis segar. Lembutnya cake mangga ini pun diperkaya dengan sensasi renyah gurih dari penggunaan cookie crumblenya dan sensasi asam segar juga dihadirkan dari pasta atau saus raspberry yang menemani.


Tak hanya makanan yang menggugah selera, Craftsman juga menawarkan berbagai minuman istimewa yang pastinya akan membuat hari semakin istimewa. Penikmat kopi, Craftsman juga menawarkan berbagai pilihan kopi nikmat. Dua yang wajib dipesan ada Signature Summer Hunter dan juga Vietnam Drip. Penikmat kopi dingin, lebih cocok menjadikan Signature Summer Hunter yang terbuat dari Hazelnut infused crushed iced coffee yang dipadukan dengan susu segar yang disajikan dalam wadah terpisah. Ingin menikmati kopi bercitarasa lebih pekat, maka Vietnam Drip layak dipesan. Kopi yang disuguhkan dengan gaya traditional Vietnam ini memadukan kopi hitam yang dipadukan dengan kental manis. Kedua pilihan kopi ini pun memiliki citarasa yang pas dan enak di lidah.



"Secara konsep Craftsman itu berasal dari kata 'craft' yang dimana owner kami memiliki latar belakang keluarga seni atau craft. Maka segala sesuatu yang ada di sini itu semua berunsur seni, mulai dari desain interior ruangan, makanan, minuman. Everything all about craft. Desain interior dari Craftsman ini adalah simbolisasi dari daerah Ubud yang natural dan tropical. Kami memang menghadirkan suasana yang benar-benar natural tapi tetap ada sentuhan modern etnik. Tanaman di sini asli semua, ada bunga anggrek dan aneka pepohonan lain. Nah kalau untuk makanannya, kami menghadirkan Asian fusion, yang memadukan konsep Asian, Bali, dan juga Western. Minuman kami buat sendiri, misalnya kopi ada Signature Summer Hunter yang jadi signature di sini. Jadi minuman ini, kopinya kita infushed sehingga rasa kopinya nggak hilang atau tidak berubah sama sekali saat sudah mencair," ungkap Stevanie Shinta selaku Marketing Communication Craftsman Ubud, Bali saat dijumpai di Craftsman Ubud, Bali.