• Maria Yuliana Kusrini

Creamy Crew, Produk Terbaru Green Rebel

Green Rebel memperkenalkan dua produk terbarunya bernama Creamy Crew. Brand baru ini berupa 3 produk berbeda yang akan jadi solusi praktis. Ketiga produk itu adalah Mayo-Nice Sauce, Caesar Dressing, dan keju blok bernama Cheddar-style Block Cheeze. Khusus untuk produk kejunya sendiri sudah lebih dulu dirilis pada Desember 2021 lalu. Dua produk cocolan yang berbahan nabati ini pun menjadi sebuah solusi dan pilihan praktis masyarakat Indonesia yang menganut gaya hidup makan nabati, khususnya yang mengalami intoleransi laktosa. 



Green Rebel yang adalah startup teknologi pangan nomor satu di Indonesia sampai saat ini mengembangkan daging dan keju nabati alami yang cocok untuk dikombinasikan dengan citarasa otentik Asia. Creamy Crew dibuat dengan kandungan rendah lemak. Sehingga Creamy Crew pun dapat menjadi solusi praktis untuk bantu kaum urban dalam upaya pencegahan atau penanganan berbagai masalah kesehatan seperti gerd, diabetes, kondisi jantung, sambil tetap bisa menikmati ragam hidangan.


Untuk produk Mayo-Nice Sauce dihadirkan dengan tampilan dan rasa yang sangat mirip dengan mayones pada umumnya. Mayo-Nice yang punya tekstur lembut dan kental ini terbuat dari 100% nabati, bebas telur dan susu. Produk ini cocok dinikmati dengan pasta salad, sandwich, burger, taco, maupun sebagai cocolan atau dip. Sedangkan Caesar Dressing berupa saus caesar dengan rasanya yang gurih, creamy, dan seenak saus caesar lain. Terbuat dari bebas susu dan 100% berbahan nabati, produk ini akan jadi perpaduan sempurna untuk dressing untuk salad, sandwich atau sebagai cocolan. Produk cocolan ini pun akan jadi pendamping sempurna pada menu Chick’n Karaage yang ada di Burgreens.



Selain dua produk cocolan yang super istimewa dan sangat menyerupai mayo atau salad dressing yang menggunakan bahan baku susu, juga ada produk keju yang tak kalah spesial. Produk itu berupa keju nabati bernama Cheddar-style Block Cheeze. Keju nabati ini sangat mudah meleleh, lengket, bebas susu, dan ramah lingkungan. Rasanya pun benar-benar layaknya keju kebanyakan yang dibuat dari bahan dasar susu. Keju ini akan terasa makin lezat untuk diolah atau dipadukan bahan lainnya, mulai dari keju irisan untuk isian burger, paduan sandwich, ataupun dilelehkan dan dicampur ke dalam saus keju. 


“Banyak orang beranggapan bahwa ketika menderita intoleransi laktosa, artinya mereka tidak bisa mengonsumsi makanan berbahan susu dan turunannya.  Sehingga, penderita intoleransi laktosa tak bisa menikmati makanan favorit yang mengandung susu (dairy).  Selain itu, tak semua orang bisa menikmati tekstur dan rasa makanan non-dairy. Melihat kebutuhan dan peluang untuk membuat produk non-dairy dengan tekstur dan rasa yang sama dengan produk dengan bahan dairy, kami meluncurkan dua produk baru dari Creamy Crew Mayo-Nice Sauce dan Caesar Dressing ini. Hal ini juga sesuai dengan misi Green Rebel yaitu mendemokratisasi pola nabati di Asia dengan menyediakan pola makan nabati dengan menyediakan produk inovatif yang sehat, lezat dan membawa citarasa Indonesia ke dunia kuliner global. Lewat Creamy Crew, kami terus berinovasi memperkenalkan produk plant-based yang sehat dan tetap lezat, sehingga membantu konsumen bisa enjoy ragam hidangan favorit mereka meski tanpa kandungan susu dan telur,” terang Max Mandias selaku Co-Founder GreenRebel dan Burgreens.



Selain terbuat dari 100% bahan nabati dan dairy-free, produk dari Creamy Crew memiliki berbagai keunggulan lain. Yaitu produk menyehatkan, contohnya pada produk Green Rebel Mayo-Nice memiliki kadar lemak dan kalori 50% lebih rendah dibandingkan mayones konvensional lainnya. Sedangkan dibandingkan produk caesar dressing konvensional lainya, Green Rebel Caesar Dressing memiliki kadar lemak 60% lebih rendah dan kalori 20% lebih rendah. Begitu pun dengan produk kejunya yang lezat, dijamin sehat dan dibuat menggunakan bahan berkualitas. Tak hanya sehat, produk Creamy Crew ditawarkan dengan harga yang terjangkau dan mudah didapatkan secara online atau bisa ditemukan di outlet Burgreens, GreenKind, Bulksource, dan akan segera diluncurkan di jaringan supermarket serta berbagai toko makanan sehat.


“Pada umumnya laktosa dapat ditemukan dalam dairy product seperti susu, krim dan keju. Namun tubuh kita tidak lagi bisa mencerna makanan tersebut dengan baik pada usia tertentu. Oleh karena itu, disarankan untuk lebih teliti saat menikmati ragam hidangan atau saat menggunakan bahan pelengkap makanan turunan susu dan menggantinya dengan bebas susu (non-dairy) dan berbahan nabati. Meski produk berlabel non-dairy, penting juga untuk lebih jeli memastikan produk tersebut bebas dari laktosa.” ujar spesialis gizi klinik, dr. Larry Tumalun, M.Gizi, Sp.GK yang turut hadir di acara itu.



Peluncuran produk Creamy Crew yang berlangsung di Burgreens Menteng, Jakarta Pusat itu pun turut diramaikan dengan cooking demo oleh Max. Ada menu burger dan salad yang dibuat dimana sajian itu menjadikan produk Creamy Crew sebagai salah satu bahan utamanya. Tak ketinggalan, penyanyi Andien Aisyah yang menjalani plant-based diet sekaligus brand ambassador Green Rebel turut serta hadir dan menceritakan pengalamannya terkait pola hidup dan makannya selama ini. Menurutnya ketiga produk Creamy Crew ini sangat praktis, punya rasa dan tekstur yang creamy dan pasti jadi solusi praktis untuk dirinya sebagai pelaku flexitarian.


Saat ini Green Rebel telah bekerja sama dengan beberapa jaringan restoran untuk memberikan lebih banyak pilihan ragam hidangan yang sehat dan bercitarasa lezat untuk masyarakat yang menderita intoleransi laktosa. Jaringan restoran itu antara lain Burgreens, Fore Coffee, Mad Bagel, Max’s Pizza, Sushi Tei, Anomali Coffee, KYND Community, Tentrem Hotel, Marriott Hotel, Finns, dan berbagai restoran lainnya di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.