top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Daur Untuk Negeri, Bentuk Kepedulian Sosro, HokBen, dan Tetra Pak

PT Sinar Sosro berkolaborasi dengan HokBen dan Tetra Pak menghadirkan Gerakan DAURI atau Daur Untuk Negeri. Gerakan satu ini muncul tahun 2023 lalu sebagai bentuk kepedulian Sosro pada lingkungan hidup sekitar, khususnya sampah yang semakin tinggi jumlahnya. Melalui gerakan DAURI, ketiganya sepakat untuk mengelola kemasan minuman dan makanan bekas konsumsi agar dapat didaur ulang menjadi produk yang lebih berguna.



Kolaborasi yang terjalin antara Sosro, Hokben, dan Tetra Pak sendiri terjalin mulai 13 Maret 2024. Gerakan DAURI ini akan dilaksanakan di 100 restoran HokBen yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya untuk wilayah di Jabodetabek. Melalui kolaborasi ini, Sosro, HokBen, dan Tetra Pak, mengajak pelanggan HokBen untuk mengumpulkan dan menyetorkan kembali ‘kemasan minuman, makanan, dan alat makan satu kali pakai (sendok, garpu, sumpit)’ untuk kemudian didaur ulang menjadi barang yang lebih berguna.


"Sosro berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam upaya untuk mengurangi dan memilah kemasan minuman serta makanan paska konsumsi. Bersama HokBen dan Tetra Pak, kami berkolaborasi dan memperpanjang jangkauan Gerakan DAURI dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dan menanamkan praktik pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Bersama Gerakan DAURI, PT Sinar Sosro akan terus mengajak para mitra untuk mendukung prinsip reduce, reuse, dan recycle yang dicanangkan pemerintah Indonesia,” ujar Sabrina Kharisanti, Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro.



Sebagai bentuk komitmen ini, PT Sinar Sosro, HokBen, dan Tetra Pak memulai pendekatan inovatif untuk mengatasi permasalahan sampah dengan meletakkan dropbox yang dibuat dari bahan polimer dan aluminium (PolyAl) daur ulang dari kemasan karton bekas minum. Semua kemasan karton bekas minum yang terkumpul akan dipilah di fasilitas HokBen sebelum dikirim ke pabrik daur ulang.


Keterlibatan pelanggan HokBen juga memegang peranan penting di Gerakan DAURI ini. Pelanggan HokBen diwujudkan melalui insentif inovatif, yakni apresiasi berbasis kode QR. Pelanggan yang membeli paket atau menu HokBen secara dine in aatau makan di tempat dan sistem take away dapat memindai kode QR untuk mendaftarkan diri, mendata kemasan minuman dan makanan, serta alat-alat makan satu kali pakai yang disetorkan, dan kemudian dapat mengumpulkan poin. PT Sinar Sosro, HokBen, dan Tetra Pak pun menyiapkan apresiasi bagi pelanggan yang berhasil mencapai jumlah poin tertentu. Poin yang telah terkumpul itu pun nantinya dapat ditukarkan dengan merchandise, seperti notebook, holder untuk smartphone yang dibuat dari materi daur ulang, hingga paket menu HokBen.



“Selama bertahun-tahun lamanya, Sosro merupakan mitra kami. Melalui Gerakan DAURI, HokBen ingin menumbuhkan kebiasaan penanganan dan pengelolaan sampah yang berkelanjutan kepada pelanggan kami. Sebagai restoran yang melayani banyak pelanggan setiap harinya, HokBen ingin dapat berkontribusi nyata dalam mendukung upaya pemerintah mengurangi sampah yang lebih luas,” ungkap Sugiri Willim selaku Direktur Marketing PT Eka Bogainti, yakni perusahaan yang memiliki dan mengelola seluruh gerai HokBen yang tersebar di seluruh Indonesia.


Comments


bottom of page