• Maria Yuliana Kusrini

DC x Papa Ryo Pasta To Go Perkenalkan Spinach Fettuccine Carbonara

Mutiara Harapan Islamic School (MHIS) merupakan salah satu sekolah SPK islam yang berada di Bintaro, Tangerang Selatan. Sekolh ini terdiri dari Preschool (Playgroup dan Kindergarten), Primary, Secondary (Lower dan Upper Secondary), serta Development Class (Special Education Program). MHIS percaya jika setiap anak, tanpa terkecuali, memiliki keterampilan yang bisa terus digali, dikembangkan, dan dipadukan dengan cara yang kreatif.



Salah satu hal yang dilakukan MHIS adalah melalui kegiatan Market Day yang dilaksanakan pada bulan November 2022. Pada kesempatan itu siswa-siswi DC MHIS menggabungkan tiga keterampilan menjadi satu kesatuan, yaitu cooking skills, art skills, dan ICT skills. Siswa-siswi SMP DC MHIS bagian Development Class pun melebarkan sayap dengan keterampilan memasak. Pada kesempatan itu para siswa merilis pasta kolaborasi dengan Papa Ryo, salah satu resto Italian pasta ternama di Bintaro. Kolaborasi yang dilangsungkan pada awal November 2022 itu sukses meresmikan DC x Papa Ryo Pasta To Go melalui menu bernama Spinach Fettuccine Carbonara.


Antusiasme para siswa Development Class tertuang pada karya-karya yang mereka ciptakan. Mulai dari hasil kreasi mereka, yakni pasta kolaborasi, desain material promosi, proses perhitungan penjualan, serta bagaimana cara mereka mempresentasikannya. Pada moment Market Day sendiri, para siswa juga belajar membuat business plan, menghitung modal, menerapkan untung dan memproduksi hidangan yang mereka ingin jual, sekaligus membuat flyer yang disebar di media sosial untuk mendukung penjualan mereka.


“Sering kita temui awam atau publik menyoroti kebutuhan yang dimiliki oleh anak-anak spesial dan kemudian melupakan kekuatan yang mereka miliki. Kolaborasi ini harapannya untuk menyebarkan awareness ke seluruh elemen masyarakat bahwa anak-anak spesial ini mampu berkarya dan diakui produknya. Melalui karya Spinach Fettuccine Carbonara ini, siswa akan lebih percaya diri dengan kemampuannya dan berharap setiap orang dapat menikmati karya yang dibuat dari hati oleh anak-anak kami,” ungkap Tatum Tivani selaku Head of Development Class Mutiara Harapan Islamic School.


Ditambahkan oleh Edgina Callista Lunadi selaku pemilik Papa Ryo Pasta To Go, jika makanan itu dapat menyatukan orang-orang pada berbagai tingkatan. Maka dengan adanya kolaborasi ini, para siswa pun memiliki bekal untuk masa depan yang penuh kemandirian dan siap beradaptasi di lingkungan nasional dan internasional.