top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Deretan Kuliner Seru di Surabaya

Nyaris semua wilayah yang ada di Indonesia, memiliki kekayaan kulinernya masing-masing. Tak terkecuali dengan Surabaya yang menjadi bagian dari provinsi Jawa Timur. Di wilayah Surabaya sendiri, ada banyak pilihan menu khas setempat yang menarik untuk dicicipi. Untuk urusan rasa, makanan Surabaya selalu identik dengan citarasanya yang cenderung asin dan pedas. Berikut ini beberapa deretan kuliner khas yang bisa ditemukan saat berkunjung ke Surabaya.


Rawon Kalkulator atau Rawon Setan?

Datang ke Surabaya tentunya tak mau melewatkan untuk mencicipi olahan khas satu ini. Yups apalagi kalau bukan rawon! Pernah dinobatkan sebagai sup terlezat di dunia versi Taste Atlas, rawon menjadikan kluwak sebagai salah satu bumbu dasarnya. Sup berkuah hitam ini umumnya menjdikan daging sapi sebagai bahan bakunya yang disandingkan dengan nasi, taoge, dan juga telur asin. Nah kalau sedang berkunjung ke Surabaya, jangan lupa mampir untuk mencicipi olahan rawon di Rawon Kalkulator dan juga Rawon Setan.


Rawon Kalkulator berlokasi di Taman Bungkul kawasan Wonokromo. Di sana, pengunjung akan dimanjakan dengan olahan rawon sedap dengan potongan daging sapi yang besar dan tebal. Rawon di sini tidak disajikan menggunakan mangkok, tetapi menggunakan piring. Sebagai penyempurna nasi rawon, pengunjung yang datang juga akan disuguhi berbagai lauk pendamping lainnya yang tersaji lengkap di meja. Keunikan lain juga akan pengunjung rasakan ketika akan membayar. Proses penghitungan akan dilakukan secara manual oleh penjual tanpa menggunakan bantuan alat hitung alias kalkulator. Meski begitu, proses penghitungannya yang cepat dan dipastikan benar, layaknya penghitungan menggunakan kalkulator.


Rawon lainnya juga bisa dinikmati di tempat makan lain yang bernama Rawon Setan. Meski sama-sama rawon dengan bahan baku dan bumbu dasar yang sama, namun keduanya menghadirkan citarasa yang agak berbeda. Rawon Setan menyajikan rawonnya dalam mangkok dan nasi putihnya disajikan terpisah. Untuk potongan dagingnya juga beras dan tebal serta ada varian lauk pendamping lainnya yang disajikan pada setiap meja. Untuk harga, Rawon Setan membandrol harga rawonnya dengan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Rawon Kalkulator. Rawon Setan bisa ditemukan di Jalan Embong Malang, Genteng.



Cicipi olahan Lontong Balap ala Pak Gendut

Tak jauh dari Rawon Kalkulator, terdapat tempat makan yang menyajikan olahan khas Surabaya lainnya. Nama tempatnya adalah Lontong Balap Asli Pak Gendut. Sesuai nama tempatnya, pengunjung yang datang ke tempat ini akan menjumpai olahan lontong yang disajikan bersama dengan taoge rebus melimpah, potongan tahu, serta kuah bening berwarna kecoklatan. Keunikan lain dari hidangan satu ini terletak pada penggunaan sambal petisnya yang bercitarasa khas dan aromatik. Lontong Balap ala Pak Gendut ini memiliki beberapa gerai yang tersebar di Surabaya dan bisa dijadikan lokasi kulineran untuk para penikmat sajian khas Surabaya.


Masakan Khas Bu Rudy hadirkan berbagai suguhan dan juga oleh-oleh

Jangan lupa untuk mampir dan kulineran juga di Restoran Bu Rudy. Terkenal akan olahan sambelnya yang aduhai, pengunjung yang datang ke restorannya juga bisa menyantap berbagai hidangan khas Jawa nan menggugah selera. Restoran Bu Rudy ini tak hanya sekedar sebagai restoran atau tempat makan saja, tetapi juga ada area khusus untuk memamerkan aneka jajanan dan produk lainnya sebagai oleh-oleh. Area khusus ini ada di bagian depan, dan untuk tempat makannya ada di bagian dalam atau belakang.

Banyak pilihan lauk pauk khas Jawa yang bisa dijumpai di tempat ini. Mulai dari Empal Sapi, Iga Penyet, Nasi Pecel, Bakso Penyet, Gurami Terbang, Gurami Bakar Kecap, Sop Gurami Tahu Sayur Asin, Nsai Kuning, Nasi Campur, Nasi Madura, Sate Cecek (Kulit Sapi), Sate Jamur, aneka olahan ayam, dan masih banyak lainnya. Tentunya berbagai hidangan itu disajikan dengan sambal spesial Bu Rudy yang legendaris. Varian Sambal Bu Rudy ada Sambal Bawang, Sambal Ijo, dan Sambal Bajak. Restoran Bu Rudy sendiri sudah memiliki beberapa gerai yang tersebar di Surabaya. Salah satu yang bisa dikunjungi untuk makan atau membeli oleh-oleh, ada di Jl. Anjasmoro, Surabaya.



Nasi Tempong Punya Sensasi Rasa Sambal yang pedas

Datang ke Surabaya, tentunya juga kurang pas kalau belum makan dengan sambal bercitarasa pedas. Untuk itu bisa menjajal olahan menu khas Banyuwangi yang juga cukup populer di Surabaya. Yakni menu bernama Nasi Tempong. Salah satu yang bisa dikunjungi ada olahan nasi tempong di tempat makan bernama Penyetan Sambel Tempong Mbok Sil. Tempat makan makan yang masih terhitung baru ini menghadirkan olahan nasi tempong yang lekat dengan sambalnya yang bercitarasa pedas.



Selain menyajikan nasi putih, sambal tempong pedang, dan lalapan, juga ada lauk pendamping yang bisa dipilih. Untuk lauknya, ada berbagai pilihan mulai dari Bebek Goreng, Ayam Goreng, Udang Goreng, Bandeng Goreng, Gurami Goreng, Babat, Paru, dan masih banyak lainnya. Nasi Tempong ala Mbok Sil ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 15.000,- per porsinya dan tergantung lauk yang dipilih. Penyetan Sambel Tempong Mbok Sil ini berlokasi di Jl. Dharmawangsa, Surabaya.



Comments


bottom of page