© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Deretan Program Penuh Inspirasi McDonalds

Tidak hanya sekedar menyukai aneka sajian yang disuguhkan, konsumen McDonald’s umumnya juga menyukai aneka hadiah saat pembelian Happy Meal. Jika selama ini dalam pembelian Happy Meal mendapatkan bonus berupa mainan khas McDonald’s, tapi kini hadiah bisa dipilih antara mainan atau buku. Hal itu dikemas dalam sebuah program baru menarik yang diberi nama ‘Happy Meal Readers’.



Peluncuran program ini dilakukan pada 11 April 2019 berlokasi di McDonald’s Sarinah, Jakarta Pusat. Tujuan dihadirkannya program ini adalah untuk menumbuhkan minat baca pada masyarakat Indonesia sejak usia dini. “Kami berharap program Happy Meal Readers ini dapat membantu mengembangkan budaya membaca di Indonesia. Dan ini menjadi pertama kalinya bagi kami memberikan pilihan antara buku atau mainan untuk pembelian paket Happy Meal,” terang Caroline Kurniadjaja selaku Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia.


Buku ini dihadirkan berkat kerjasama McDonald’s dengan penulis buku cerita anak terkenal di dunia, Cressida Cowell. Ia pun secara khusus membuat buku cerita berseri ‘Treetop Twins Adventures’ untuk McDonald’s dengan dua judul buku yang dirilis setiap dua bulan hingga Februari 2002. Khusus untuk pasar Indonesia, buku-buku ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.



Saat sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, buku seri itu berjudul ‘Petualangan Si Kembar Treetop’. Nantinya akan ada 12 buku cerita yang diberikan oleh McDonald’s. Namun, untuk sementara ini baru ada 2 buku, yakni ‘Si Kembar Bertemu T-Rex’ dan ‘Si Kembar Menemukan Diplodocus’. Kedua buku itu tersedia di seluruh outlet McDonald’s di seluruh Indonesia mulai 12 April 2019. Pemilihan cerita mengenai dinosaurus itu dipilih karena dirasa paling disukai oleh anak-anak perempuan ataupun lak-laki. Tak hanya dijadikan sebagai buku bacaan oleh anak-anak, buku ini juga berisi pengetahuan dan fakta- fakta menarik mengenai dinosaurus.


Bersamaan dengan dengan peluncuran program edukatif ini, McDonald’s Indonesia juga mengadakan serangkaian acara bertajuk ‘Happy Readers Fun Day’. Acara yang berupa talkshow dan sharing session ini diadakan di beberapa kota berbeda, yakni Jakarta, Surabaya, Bali, dan lainnya dengan waktu berbeda. Kegiatan itu diisi mengenai pentingnya menanamkan minat baca pada anak-anak usia dini, story telling, dan berbagai aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan oleh orang tua dan anak-anak.


Dan untuk meramaikan berbagai program itu, dihadirkan program lainnya bernama Happy Meal Readers Book Box. Yakni sebuah program dari McDonald’s yang mengajak para konsumennya untuk turut mendonasikan buku-buku anak-anak dan remaja yang masih layak baca. Antara tanggal 20 April – 20 Mei 2019, di setiap outlet McDonald’s akan menyediakan kotak-kotak khusus untuk menampung buku - buku itu. Selain mengajak konsumennnya, McDonald’s Indonesia juga menyumbangkan 210.000 buku anak-anak untuk meramaikan program ini.