• Novi Amaliyah

East Food Expo Kembali Digelar Secara Virtual


Pandemi COVID-19 telah berlangsung lebih dari setahun ini, telah mengubah kehidupan

manusia di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Mulai dari pembatasan aktivitas operasional

sektor bisnis, juga pembatasan beraktivitas di ruang publik. Masyarakat dipaksa untuk beradaptasi dengan keadaan baru yang menyebabkan perubahan gaya hidup masyarakat di berbagai sektor industri.


Di masa kebiasaan baru ini industri makanan dan minuman (F&B) diperkirakan masih menjadi salah satu sektor industri yang diandalkan sebagai penopang pertumbuhan manufaktur dan ekonomi nasional pada 2021. Namun begitu para pelaku industri makanan dan minuman (F&B) harus kreatif untuk tetap menjalankan usaha salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital untuk beradaptasi di kondisi new normal, dimana mengharuskan physical distancing dan adaptasi perubahan marketing dengan melakukan transisi dan mengalihkan penjualannya secara online, seperti memanfaatkan berbagai saluran penjualan e-commerce sebagai upaya untuk menjaga protokol kesehatan.Tak terkecuali untuk penyelenggaraan pameran.


Sukses menggelar pameran secara virtual di tahun 2020 lalu Krista Exhibitions kembali menggelar Pameran Virtual Internasional dengan total 6 sektor industri yaitu Eastfood Indonesia Virtual Expo, Virtual Herbal Jamu Modern & Fitofarmaka Expo, Virtual Coffee & Tea 2021 ,Virtual Seafood Show, Virtual Cooltech Expo dan Indo Licensing Virtual Expo yang dapat diakses oleh publik melalui virtual platform pada tanggal 22- 26 Juni 2021 .


Pameran ini digelar untuk mendukung perkembangan Industri Makanan dan Minuman di masa pandemi ini. Pameran produk secara virtual ini diharapkan memberikan kesempatan lebih lagi bagi para peserta pameran untuk menampilkan produk mereka secara virtual sehingga dapat mengembangkan kembali bisnis dan tetap dapat melakukan berbagai transaksi dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.


Solusi pemasaran melalui virtual di masa pandemi ini turut membuka peluang ke

mancanegara tanpa batas karena pameran virtual dapat diakses oleh pengunjung dari berbagai wilayah dan zona waktu yang berbeda.


Pelaku usaha yang memamerkan produknya berkesempatan mendapatkan kesempatan produknya untuk dilihat secara global dari berbagai pengunjung dari seluruh dunia. Pameran Krista Exhibitions Virtual Expo 2021 diikuti lebih dari 150 peserta, baik dari lokal maupun internasional. Lebih dari 30 pelaku UMKM akan ikut mempromosikan produknya.Dalam Pameran Virtual ini ada sekitar 50 acara menarik yang menghadirkan 35 pembicara yang menghadirkan berbagai materi edukasi bagi pengunjung yang telah mengikuti acara Krista Exhibitions Virtual Expo 2021.


Pameran Krista Exhibitions Virtual Expo 2021 merupakan gelaran virtual kedua yang diselenggarakan oleh Kristamedia. Dimana platform virtual ini sudah mengalami banyak perubahan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Platform virtual ini cukup efektif dan efisien bagi para pelaku usaha, untuk bertemu dengan calon pembeli yang potensial. Dimana pengunjung berkesempatan untuk melakukan video call dan live chat dengan peserta pameran. Jika pengunjung ingin melakukan transaksi pembelian, maka pengunjung dapat membeli produk dan meminta sample dari produk list yang telah terkoneksi dengan link e-commerce maupun website.

Dari sisi peserta pameran mendapatkan analitik visitor real time dan lebih detil mencakup jumlah visitor yang mengunjungi booth per hari, data visitor (nama, perusahaan, no telpon, email), jumlah view brosur/poster/video, jumlah view produk. Para peserta pameran juga dapat bertukar kartu nama dengan visitor. Kemudahan lainnya yang didapatkan oleh peserta pameran adalah dapat mengupload dan mengatur sendiri file poster, brosur, foto produk katalog secara langsung pada booth virtualnya.

Pameran Krista Exhibitions Virtual Expo 2021 ini didukung penuh oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia,Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Kementerian Koperasi Usaha Kecil & Menengah Republik Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Perwakilan Negara Indonesia di luar negeri turut bekerja sama dengan mengundang calon buyers dari International, antara lain KBRI Tiongkok, India, Bahrain, Norwegia dan Uzbhekiztan. Juga bekerja sama dengan Perwakilan Negara di dunia untuk Indonesia di antara lain, Kedutaan Qatar, Belgia, Maroko, Sri Langka dan Polandia.

Pameran Virtual ini terselenggara kerjasama dari Krista Exhibitions bersama dengan Asosiasi- Asosiasi utama yaitu Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat Indonesia (GP JAMU) , Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) , Dewan Teh Indonesia (DTI), Asosiasi Pengusaha Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I), Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI) ,Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) dan juga Asosiasi pendukung lainnya yakni Asosiasi Hotel & Restoran Indonesia, Asosiasi Chef Indonesia, Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Asosiasi Eksekutif Makanan & Minuman Indonesia, Asosiasi Kopi Spesial Indonesia, Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia, Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia, Asosiasi Sommelier Indonesia, Asosiasi Roti Indonesia, Aliansi Kue Indonesia, Asosiasi Profesional Kuliner, dan Asosiasi Penyelenggara Pameran & Konvensi Indonesia Pameran Krista Exhibitions Virtual Expo 2021 terbuka bagi para pelaku bisnis dan masyarakat umum, mulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Para pengunjung dapat melakukan registrasi online https://eastfood.kristamediaonline.com/