• Maria Yuliana Kusrini

eKuliner Awards 2021, Penghargaan Paxel & Kemenparekraf Untuk 13 UMKM Kuliner

Paxel sebagai perusahaan logistik berbasis teknologi yang juga menyediakan layanan ekosistem digital mengadakan sebuah ajang penghargaan bagi para pelaku UMKM khusus kuliner di Indonesia. Bernama eKuliner Awards 2021, ajang penghargaan ini berlangsung pada Jumat, 30 Juli 2021 secara online.



Ajang eKuliner Awards 2021 ini pun didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia. "Semoga program ini menjadi salah satu sarana untuk menggairahkan pelaku kreatif dan UMKM berkualitas kita, sehingga kita semakin bangga mengonsumsi produk kuliner Indonesia. Adanya eKuliner Awards 2021 ini sejalan dengan semangat Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang selalu berperan aktif memajukan ekosistem ekonomi, kreatif, dan digital yang menjadi tulang punggung perekonomian saat ini," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno saat memberikan kata sambutannya.


Sejak awal tahun 2020, Kuliner Nusantara memang terbukti menjadi andalan UMKM Indonesia yang bisa bertahan bahkan berkembang dan mampu menggerakkan perekonomian selama masa pandemi. Selama periode Lebaran di tahun 2021, Paxel melihat adanya peningkatan pertumbuhan pelaku UMKM Kuliner yang sangat tinggi. “Kami mencatat setidaknya ada 900.000 makanan dari pelaku UMKM Kuliner Online yang aktif mengantarkan ordernya dengan Paxel ke dalam dan luar kota. Saya secara khusus mengapresiasi ajang penghargaan ini sebagai langkah positif agar semakin memotivasi lebih banyak pelaku UMKM di Indonesia untuk berinovasi memasarkan produknya secara digital,” ujar Bryant Christanto selaku CEO Paxel.


eKuliner Awards 2021 ini pun diberikan pada UMKM Kuliner yang memiliki transaksi penjualan tertinggi selama periode Lebaran 2021. Ada 15 UMKM Kuliner Online dari 13 kota di Indonesia yang mencatatkan jumlah transaksi terbesar dan masuk dalam nominasi. Yakni dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Denpasar, dan Makassar. Sedangkan untuk kategori yang diluncurkan ada 3, yakni Kuliner Online Favorit Dari Kota, Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Jabodetabek, dan Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Bandung.



Untuk kategori Kuliner Online Favorit Dari Kota Penghargaan eKuliner Awards 2021 Musim Lebaran ini pun dimenangkan oleh Pempek Cuko Sedap sebagai Kuliner Online Favorit dari Kota Jakarta, Catering Si Babah sebagai Kuliner Online Favorit dari Kota Bogor, Venus Tweets sebagai Kuliner Online Favorit dari Kota Depok, Broth Mama sebagai Kuliner Online Favorit dari Kota Tangerang, Kedai Dimsum sebagai Kuliner Online Favorit dari Kota Bekasi, Bakakak Ayam Kampung, sebagai Kuliner Online Favorit dari Kota Bandung, Asla Bird Nest Sebagai Kuliner Online Favorit dari Kota Semarang, Ayam Goreng PIO sebagai Kuliner Online Favorit dari Kota Solo, Delicia Bakery sebagai Kuliner Online Favorit dari Kota Yogyakarta, Bakwan Sowan sebagai Kuliner Online Favorit dari Kota Surabaya, Bakso Ndeso Malang sebagai Kuliner Online Favorit dari Kota Malang, Babi Guling Karya Rebo sebagai Kuliner Online Favorit dari Kota Denpasar, dan Bakso Atiraja sebagai Kuliner Online Favorit dari Kota Makassar.


Sedangkan untuk kategori Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Jabodetabek dimenangkan oleh Bakwan Sowan dari Surabaya. Dan untuk kategori Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Bandung dimenangkan oleh Pempek Cuko Sedap dari Jakarta. Seluruh pemenang pun mendapatkan hadiah menarik berupa trofi serta review produk yang akan dilakukan oleh celebrity chef dan Youtuber Tanah Air.