top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Empuknya Olahan Sate Kambing Sari Cempe Neng Lia di Kota Tegal

Sate tentunya jadi salah satu makanan yang punya banyak penggemar. Nyaris di semua wilayah di Indonesia memiliki olahan sate yang cukup populer. Mulai dari sate berbahan daging ayam, sapi, kambing, kerbau, babi, udang, ikan, cumi, dan aneka bahan lainnya. Di Indonesia sendiri, sate yang paling dikenal umumnya berasal dari Madura dan Tegal. Yakni sate ayam khas Madura atau sate kambing batibul asal Tegal.


Di Kota Tegal sendiri, ada banyak tempat makan yang menyajikan olahan sate kambing dengan kekhasannya masing-masing. Salah satu yang cukup populer dan banyak dijadikan destinasi pilihan kuliner saat ke Tegal, ada tempat makan bernama Sate kambing Sari Cempe Neng Lia. Tempat makan ini memiliki kapasitas yang cukup besar. Saat makan siang dan makan malam, pengunjung juga terlihat memadati tempat makan ini.


Bagian depan restonya sendiri dimanfaatkan untuk area membakar satenya. Terdapat sebuah gerobak kayu untuk meletakkan daging kambing dan sate yang hendak dibakar. Pengunjung yang datang pun akan melihat kesibukan para staf resto yang sedang mempersiapkan sate. Mulai dari menusukkan potongan daging kambing ke tusukan sate, hingga proses membakar satenya.



Sate kambing di sini tersaji dalam potongan yang pas, alias tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Daging kambingnya dibakar dengan tingkat kematangan yang pas dan tidak gosong. Tekstur dagingnya sangat empuk, tidak berbau prengus, dan terasa begitu gurih di lidah. Itu karena kambing yang digunakan merupakan anak kambing alias 'cempe' (dalam bahasa Jawa) berumur di bawah tiga bulan atau batibul. Pengunjung bisa memilih Sate Kambing Murni (hanya dagingnya saja) atau Sate Kambing Campur (paduan daging, lemak, dan hati).


Saat proses pembakaran, daging kambingnya tidak dibumbui dan tidak melewati proses marinasi sama sekali. Jadi, sensasi rasa gurih itu memang muncul dari daging kambingn itu sendiri, bukan dari penggunaan bumbu. Tapi jika pengunjung ingin menambah citarasa, disediakan kondimen berupa sambal, kecap manis, potongan tomat merah, dan potongan bawang merah di wadah terpisah. Tak ketinggalan, ada nasi putih dan lontong yang siap menemani si sate kambing.


Selain menyediakan sate kambing yang dijamin empuk dan enak, tempat makan ini juga menawarkan menu lainnya. Salah satunya yang bisa dipesan ada Asem-asem Kambing. Hidangan satu ini sekilas mirip dengan sop kambing. Isiannya berupa potongan daging kambing dan tulangan dengan daging menempel yang disajikan dalam kuah bening. Selain terdapat isian daging dan tulangan kambing, di dalamnya juga ada potongan wortel dan belimbing wuluh. Sama seperti sensasi daging di sate, daging pada sajian ini juga empuk, mrotol dari tulangnya. Kuahnya tersaji panas dengan aroma rempah yang langsung tercium saat diantar ke meja. Begitu dicicip, sensasi rasa gurih dan asam segar langsung menyeruak ke dalam mulut. Ingin mendapatkan sensasi rasa pedas dan manis, maka bisa menambahkan sambal atau kecap ke dalamnya.


Datang ke Kota Tegal, tentunya jangan sampai melewatkan tempat makan yang satu ini. Pesan Sate Kambingnya dan rasakan sendiri sensasi sate kambing berdaging empuk, gurih, dan tidak beraroma prengus. Sate Kambing Sari Cempe Neng Lia ini berlokasi di kawasan Jl. Dr. Setia Budi, Mintaragen, Tegal.


Comments


bottom of page