top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal

PT. Esensi Solusi Buana (ESB) menggandeng Foodizz Academy untuk menggelar sebuah acara roadshow bertaraf Nasional. Kegiatan positif ini memilki tujuan untuk mengajak para pelaku kuliner UMKM supaya makin berkembang hingga bisa menjadi juara lokal di bisnisnya masing-masing. Roadshow ini mengusung tema 'F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal'.



Ada empat kota besar di Indonesia yang dipilih untuk lokasi kegiatan roadshow ini. Keempat kota itu adalah Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bali. Berlangsung antara bulan Maret hingga Agustus 2023, roadshow ini dapat diikuti secara gratis oleh para pebisnis kuliner lokal di setiap kota yang sudah ditentukan. F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal ini telah berlangsung di Jakarta pada 13-14 Maret 2023 lalu. Sedangkan Surabaya pada 30-31 Mei 2023, Semarang pada 17-18 Juli 2023, dan terakhir di Bali pada 29-30 Agustus 2023 mendatang.


“F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal adalah salah satu komitmen dari ESB dengan menggandeng Foodizz Academy untuk mendukung perkembangan bisnis kuliner lokal. Khususnya di Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bali sebagai kota-kota besar yang potensi bisnisnya terus meningkat seiring pulihnya perekonomian pasca pandemi. Calon peserta di setiap kota dapat mendaftar melalui http://bit.ly/scaleup-daftar. Setelah itu calon peserta akan dikurasi oleh ESB dan Foodizz untuk dapat mengikuti kelas ini secara gratis,” terang Gunawan selaku CEO dan Co-Founder ESB.


Roadshow ini pun mendapat tanggapan yang begitu baik dari para pelaku bisnis kuliner. Hal itu terlihat dari antusiasme calon peserta yang sudah mendaftar. Sampai saat ini sudah ada sekitar dua ribu pendaftar yang berasal dari semua kota tempat diadakannya roadshow tersebut. Sedangkan pada penyelenggaraan di Jakarta kemarin, total ada 660 orang pebisnis yang turut hadir mengikuti kelas secara online maupun offline.


F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal ini dirancang untuk memberikan langkah-langkah strategis pada bisnis kuliner yang siap melakukan scale up bisnis. Peserta tidak hanya mendapatkan materi, namun juga diajak berdiskusi dan best practices knowledge yang dilakukan selama dua hari berturut-turut. Dalam seminar itu, hadir Edukator Foodizz Academy, yaitu Rex Marindo yang membagikan berbagai pengetahuannya terkait scale up bisnis F&B. Tak hanya itu saja, para pelaku bisnis kuliner juga diberikan edukasi mengenai teknologi terkini yang berguna untuk mendukung dan menjawab kebutuhan berbisnis kuliner saat ini. Teknologi itu telah dikembangkan sesuai kebutuhan, mulai dari data, kontrol invetoris, kontrol keuangan, hingga menghitung profit.


Selama dua hari pertemuan, kegiatan pada masing-masing kota akan terdapat tiga materi utama. Materi pertama yaitu Scale Up & Expansion Business Model mengenai critical point dalam proses Scale Up Business dan Expansion Business Model. Materi yang kedua adalah Tech-enable for Profitability & Growth mengenai teknologi terkini yang telah digunakan oleh banyak perusahaan besar untuk mendukung bisnis. Dan untuk materi ketiga yaitu Fundamental for Scale Up Company untuk mengetahui Business Plan serta Financial Model yang ada dalam Scale Up Company. Diadakannya roadshow ini pun diharapkan dapat membantu para pebisnis kuliner sekaligus memajukan perekonomian lokal di masing-masing kota melalui pembukaan lapangan pekerjaan.

Comments


bottom of page