• Maria Yuliana Kusrini

Livin' Jakarta Coffee Week 2022: Festival Kopi yang Dinantikan Para Pecinta Kopi

Melewati masa pandemi, akhirnya tahun 2022 ini kembali dihadirkan festival kopi yang menjadi platform bagi komunitas, petani, dan pelaku industri kopi di Indonesia. Bernama Livin’ Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2022, festival ini telah diadakan sejak tahun 2016 lalu. Ajang yang begitu ditunggu-tunggu ini nantinya akan dilangsungkan di City Hall Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan.



Jacoweek akan berlangsung selama 3 hari antara tanggal 11-13 November 2022. Event yang digadang-gadang sebagai perayaan tahunan kultur kopi spesialiti terbesar di Indonesia ini mengangkat tema ‘Brewing for Sustainable Future’. Kegiatan ini dilangsungkan sebagai upaya untuk mendukung dan memfasilitasi seluruh pecinta kopi di Tanah Air untuk saling berkolaborasi dalam mencapai industri kopi yang berkelanjutan.

 

Livin’ Jacoweek 2022 tak hanya membawa konsep one-stop shopping solution, namun turut serta menghadirkan berbagai kegiatan sebagai bagian untuk mengedukasi masyarakat mengenai industri kopi dan teh. Jacoweek berperan dalam mendukung keberlanjutan industri kopi dengan memfasilitasi seluruh penikmat kopi, barista dan ahli kopi terbaik, merek-merek kopi dan teh lokal terkemuka, produsen dan distributor mesin-mesin kopi, hingga petani-petani kopi dari berbagai daerah di Indonesia dalam satu platform yang memudahkan mereka untuk saling berkolaborasi.


“Kami ingin Jacoweek menjadi bagian dari kemajuan industri kopi berkelanjutan di Indonesia melalui semangat ‘Brewing for Sustainable Future’. Para pelaku di industri ini harus saling bahu membahu, berkolaborasi dalam mengedukasi masyarakat bukan hanya sebagai penikmat kopi saja namun turut menjadi bagian di dalamnya sehingga industri kopi dari hulu ke hilir ini terus terjaga keberlangsungannya dan Indonesia tetap menjadi salah satu produsen kopi terbaik,” ujar Hendri Kurniawan, Co-Founder Jakarta Coffee Week.

 

Melalui Jacoweek ini, maka seluruh pelaku di industri kopi memiliki kesempatan untuk memperkenalkan dan mempromosikan berbagai produknya. Mulai dari produk biji kopi pilihan, alat dan bahan pelengkap minuman kopi, makanan pendamping kopi, hingga perlengkapan kebutuhan kedai kopi secara lengkap dengan konsep one-stop shopping solution.



Kegiatan ini pun diperkuat dengan berbagai rangkaian program pilihan lainnya seperti kompetisi dan juga talkshow. Untuk kompetisinya ada Tarung Tiga yang berupa kompetisi manual brewing yang diikuti oleh seluruh pemenang dari kompetisi lokal di 3 kota (Medan, Bandung, dan Surabaya). Tarung Tiga ini memiliki penilaian unik, yakni peserta kompetisi sendiri yang akan menilai hasil brewing mereka sendiri. Ada juga kompetisi Jacoweek Cup of The Year, yakni kompetisi green bean pilihan petani yang akan dinilai oleh seluruh pengunjung. Dan untuk takshownya ada Bicara Kopi yang mengedukasi masyarakat mengenai kopi dengan 5 topik berbeda.

 

Dalam pelaksanaannya, Livin’ Jacoweek 2022 berkolaborasi dengan Saka Dala bersama organisasi internasional Rainforest Alliance yang merupakan bagian dari inisiatif keberlanjutan yang membantu memastikan standar dan kualitas kopi yang disajikan kepada seluruh komunitas kopi di acara Livin’ Jacoweek 2022. Memiliki visi yang sama terhadap perkembangan industri kopi, penyelenggaraan Jacoweek 2022 juga mendapat dukungan penuh dari Bank Mandiri. Livin’ Jacoweek 2022 dipercaya bisa memberikan dampak yang positif terhadap industri kopi di Indonesia, dan dapat menjadi jembatan dalam menyejahterakan petani kopi Indonesia.

 

Bagi seluruh penikmat kopi yang ingin merasakan pengalaman dan keseruan rangkaian acara Livin’ Jakarta Coffee Week 2022 bisa membeli tiket masuk seharga Rp 50.000,- per pax. Pembayarannya dapat dilakukan dengan menggunakan produk-produk Bank Mandiri seperti Kartu Debit, Kartu Kredit, QRIS, dan Kartu e-money.