top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Festival Kuliner Serpong 2023 Suguhkan Jelajah Rasa Jalur Mudik

Summarecon Mall Serpong (SMS) kembali menghadirkan Festival Kuliner Serpong (FKS). Tahun ini menjadi kali ke-11 event FKS ini berlangsung dan meramaikan kuliner di kawasan Serpong dan sekitarnya. FKS 2023 kali ini mengusung tema 'Jelajah Rasa Jalur Mudik' yang berlangsung antara 16 Agustus - 1 Oktober 2023. Agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, FKS berlangsung lebih lama dan periode festivalnya dibagi menjadi dua fase.



FKS yang diadakan di area Parkir Timur SMS, menghadirkan ragam kuliner khas Jalur Mudik yang ada di kawasan pulau Jawa. Untuk fase 1, pengunjung akan menemukan kuliner jalur mudik dari daerah Banten hingga Jawa Barat. Fase 1 ini mulai dari tanggal 16 Agustus - 10 September 2023. Kemudian dalam satu malam, ragam kuliner dan dekorasi fase 1 itu pun akan berubah. Bersambung ke Fase 2 dengan periode festival antara 11 September - 1 Oktober 2023 yang menghadirkan kuliner jalur mudik dari daerah Jawa Tengah hingga Jawa Timur.


“Tahun 2023 ini, FKS kami selenggarakan lebih lama dari tahun-tahun sebelumnya, yakni selama 47 hari. Kami membaginya dalam dua fase, dimana setiap fase menyuguhkan beragam kuliner asli jalur mudik dari wilayah Banten hingga Jawa Timur. Selain kuliner, dekorasi dan hiburan yang disajikan pun kental dengan nuansa dan budaya layaknya sedang mudik.” ungkap Tommy selaku Center Director SMS.


Selama festival berlangsung, pada setiap fasenya pengunjung akan menemukan lebih dari 90 kuliner khas jalur mudik di pulau Jawa. Beberapa hidangan khas itu bisa ditemukan pada tenant yang ada di FKS 2023 ini. Sebut saja Rabeg Khas Serang H. Naswi Banten, Empal Gentong Bu Dharma Cirebon, Mie Koclok Mang Sam Cirebon, Sate Kelinci Karmel Lembang, Nasi Bebek Sinjay Madura, Java Loenpia Semarang, Pusat Oleh-oleh Bu Rudy Surabaya, Gudeg Yu Djum, Yammie Pathuk Kemetiran Jogja, Srabi Notosuman Ny. Handayani Solo, dan masih banyak lainnya.


Konsep berbeda yang diusung FKS 2023 kali ini mengingatkan pada tradisi atau kebiasaan mudik atau pulang kampung pada masyarakat Indonesia. Tradisi mudik itu pun rutin dilakukan setiap tahunnya. Banyak pemudik yang memilih untuk menempuh jalur darat agar dapat merasakan sensasi pulang kampung walau harus menempuh kemacetan. Perjalanan ini sering meninggalkan moment berkesan karena pemudik dapat menikmati ragam kuliner khas daerah setempat yang dilewati sekaligus pemandangan alamnya. Kuliner khas yang dijumpai saat moment mudik itu pun kini dikumpulkan SMS dan bisa ditemukan di FKS 2023.


Selain bisa menikmati ragam kuliner yang nikmat menggugah selera, pengunjung FKS juga dimanjakan dengan berbagai hiburan lain. Mulai dari parade kesenian, hiburan musik khas dari berbagai daerah, work shop keterampilan seni, hingga wahana permainan khas pasar malam yang meramaikan festival. Tak ketinggalan, FKS juga diramaikan dengan penampilan menawan dari Element, hingga penyanyi cantik Raissa Anggiani pada 15 September 2023 mendatang.

bottom of page