• Maria Yuliana Kusrini

Festival Kuliner Serpong: Bali Heritage 'Indonesia Spice Up The World'


Setelah melewati pandemi sekitar 2 tahun lamanya, akhirnya Summarecom Mall Serpong (SMS) kembali menghadirkan event tahunannya, Festival Kuliner Serpong (FKS). Event yang berlangsung antara tanggal 27 Oktober – 27 November 2022 ini mengusung tema Bali Heritage ‘Indonesia Spice Up the World’. FKS yang sudah berlangsung untuk ke-10 kalinya ini diadakan di area Parkir Timur SMS.



FKS sendiri menjadi salah satu festival kuliner terbesar di Tangerang yang menghadirkan beragam tenant kuliner khas Tanah Air. Seperti kita ketahui jika Indonesia memiliki budaya yang begitu beragam, mulai dari kesenian, adat istiadat, bahasa, hingga kuliner. Urusan kuliner sendiri, setiap daerah di Indonesia memiliki makanan tradisional dengan citarasa dan karakteristik yang berbeda-beda. Tahun ini membawa tema Bali yang dihadirkan dengan dekorasi khas Bali serta deretan tenant makanan dan minuman khas Bali yang begitu menggugah selera. Pemilihan tema Bali Heritage ‘Indonesia Spice Up the World’ sendiri disesuaikan program bersama lintas kementerian/lembaga untuk mendukung peningkatan kontribusi dan nilai tambah sub sektor kuliner bagi perekonomian nasional.


Deretan kuliner khas Bali yang kaya akan penggunaan bumbu rempah dan menu khas Nusantara lainnya akan pengunjung temukan di FKS. Setidaknya ada lebih dari 99 pelaku usaha kuliner Nusantara yang bisa dijumpai. Bagi pengunjung yang ingin menikmati kuliner asli Bali, bisa mendatangi tenant Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali, Nasi Jinggo Warung Bli Made, Nasi Pedas Kampung Bali, Cumi Bakar Bumbu Bali, Sate Babi Bli Nyoman Bali, Iga Babi Bakar Bali by Bli Permana, Krisna Oleh-Oleh khas Bali, Pia Kukus Made Bali, dan lainnya. Tak ketinggalan, juga banyak deretan menu khas Nusantara lainnya yang turut meramaikan FKS tahun ini.



“Sejumlah sajian yang dihadirkan FKS tahun 2022 berupa makanan otentik yang memang dibawa langsung dari Bali. Selain kuliner, dekorasi dan hiburan yang disajikan pun kental dengan budaya dan kekhasan, layaknya di Bali. Kami berharap kerinduan SMSLovers akan festival kuliner akan terbayar dalam gelaran FKS 2022 ini,” ungkap Tommy selaku Center Director SMS. Para SMSLovers juga diajak berpartisipasi dalam merayakan kembalinya FKS 2022 ini. Yakni melalui kompetisi bertajuk 'FKS Creators' yang bertujuan untuk mendukung kreativitas SMSLovers yang hobi membuat konten dan berbagi rekomendasi kuliner. Selain FKS Creators, beragam interactive activity berhadiah total puluhan juta rupiah juga bisa diikuti melalui media sosial SMS.


Untuk menemani moment kulineran di FKS, pengunjung juga akan dihibur dengan berbagai kegiatan lain. Di area panggung FKS ada berbagai kegiatan seru seperti Chefpreneur Cooking Demo pada tanggal 6, 13, dan 20 November 2022, serta hiburan musik dan tarian Trtdisional Bali. Tak hanya itu saja, FKS 2022 juga akan dimeriahkan dengan penampilan musik dari The Groove feat. Tiara Effendy pada tanggal 11 November 2022 dan Coconut Treez & Melanie pada 18 November 2022 di jam 20.00 WIB.