© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Gabus Pucung Warnai Canary Coffee Shop

Terinspirasi pada perayaan ulang tahun Kota Jakarta pada bulan Juni lalu, Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center menghadirkan promo sajian khas Betawi. Berlokasi di restorannya yang bernama Canary Coffee Shop, setidaknya dihadirkan 3 sajian khas Betawi. Salah satunya yang wajib untuk dicoba adalah Gabus Pucung.



Sesuai namanya, sajian ini menjadikan ikan gabus sebagai bahan utamanya yang dimasak bersamaan dengan pucung. Gabus Pucung memiliki kuah yang berwarna hitam karena penggunaan pucung atau yang lebih akrab disebut kluwak atau kluwek. Istimewanya sajian ikan gabus di Canary Coffee Shop ini terletak pada kolaborasi ikan dan kuah yang seimbang hingga memiliki citarasa lezat, sekaligus tekstur ikan yang lembut dan tidak berbau. Citarasa lezat itu berkat penggunaan bumbu dan rempah yang begitu melimpah.


“Keistimewaan Gabus Pucung di sini karena menggunakan rempah yang lebih kuat. Tidak hanya menggunakan bumbu putih dan kluwak saja, tetapi saya menambahkan bumbu pecak yang diblend pakai kluwak, bumbu merah dan putih. Sedangkan untuk ikannya, direndam dulu menggunakan rendaman air jeruk, jahe, dan bumbu lainnya selama semalaman. Itu supaya ikannya tidak amis, setelahnya ikan digoreng dan diolah bersama bumbu gabus pucung,” ungkap Chef Djoko Hendrasto selaku Executive Chef Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center.


Gabus Pucung ini memang memiliki citarasa yang lezat. Seporsinya berisikan seekor ikan gabus yang dipotong menjadi 3 bagian yang disajikan dengan kuah berwarna hitam. Selain kaya akan bumbu dan rempah, gabusnya juga ditemani potongan tomat merah dan juga cabai rawit merah. Selain memiliki citarasa yang enak, ikan gabus juga kaya akan protein karena kandungan albuminnya yang tinggi. Albumin itu diperlukan tubuh, khususnya dalam proses penyembuhan luka. Seporsi Gabus Pucung ini dihargai Rp 85.000,++ yang sudah termasuk dengan nasi putih dan emping.



“Masakan Betawi ini diangkat karena sesuai dengan lokasi hotel yang ada di wilayah Selatan. Kebanyakan masyarakat sekitar sini adalah Betawi dan juga berdekatan dengan Kampung Betawi. Selain itu, idenya muncul karena juga bertepatan dengan HUT Kota Jakarta. Gabus Pucung juga menjadi makanan Betawi yang sedang inn di daerah Selatan,” tambah Chef Djoko. Berlaku selama bulan Juli 2019, sajian gabus Pucung ini juga dilengkapi dengan sajian khas Betawi lainnya seperti Soto Betawi dan Selendang Mayang.