© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Grand Opening Mare Nostrum


Restoran konsep casual modern dengan suguhan gastronomi Mediterania, Mare Nostrum resmi grand opening pada 3 Maret 2020. Berlokasi di lantai 18 Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, tempat makan ini tidak hanya menyuguhkan hidangan berkelas tapi juga interior menarik sehingga terasa nyaman didatangi.

Acara grand opening ini turut dihadiri oleh Eduard Xatruch dan Mateu Casanas selaku Direktur Gastronomi Mare Nostrum yang langsung datang dari Barcelona. Kedua chef ini juga mengantongi banyak penghargaan seperti 2 Michellin Star, Top 5 of The World’s Best Chef, Best Restaurant in Barcelona since 2016, hingga Top 10 Best Restaurant in The World.


Mare Nostrum ini pun menjadi proyek gastronomi internasional pertama mereka. Indonesia, tepatnya Jakarta dipilih karena dinilai tepat sasaran. Dari citarasa makanan ala Mediterania yang dihadirkan masuk atau sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Selain itu Indonesia memiliki budaya makan bersama atau sharing. Mare Nostrum memang menghadirkan menu-menunya dengan porsi untuk sharing.

Dalam bahasa Latin, ‘Mare Nostrum’ memiliki arti ‘Laut Kita’. Sesuai penamaan itu, Laut Mediterania memang menjadi sumber inspirasi dari konsep ruangan Mare Nostrum sendiri. Area lounge dihadirkan dengan warna cerah yang melambangkan musim semi di Laut Mediterania. Sedangkan area restoran didominasi warna pastel lembut yang melambangkan musim panas kering khasnya Mediterania.


Pada kesempatan ini pula, kedua chef ini pun menunjukkan kebolehannya dalam meracik sajian pembuka, yakni Strawberry Salad, Tomato, Parmesan and Basil. Sesuai namanya, sajian ini memang menjadikan buah strawberry dan tomat segar sebagai bahan bakunya. Selain menu itu, tamu undangan juga disuguhi hidangan istimewa lainnya. Sebut saja Rice Crakers yang renyah, Amuse Bouche berupa roti panggang dengan selai tomat, hingga Vitello Tonnato “Mare Nostrum” yang jadi salah satu menu unggulan di sini.

Disajikan juga menu omelet bernama Open Face Omelette with Prawns and Mushroom yang langsung dimasak di meja tamu. Kedua chef itu pun meracik omelete di setiap meja dan para tamu bisa langsung menyantapnya dalam keadaan masih panas. Citarasa gurih nikmat langsung terasa di menu sederhana satu ini. Sebagai sajian utamanya, disajikan menu bernama Vegetables Rice with Pesto and Burrata. Sebagai penutupnya dihadirkan Crema Catalana dan Liquid Chocolate Bon Bons with Blackcurrant Sorbet. Ragam hidangan istimewa itu pun disandingkan dengan Sangria, minuman segar yang terbuat dari paduan red wine dengan buah segar.