top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Guten Morgen: Suguhkan Kopi Lokal Indonesia & Hidangan Menggugah Selera

Guten Morgen merupakan salah satu kedai kopi yang meramaikan ranah perkopian di Tanah Air. Guten Morgen menawarkan deretan minuman kopi yang dibuat dari biji kopi asli Indonesia. Tak hanya minuman kopi, pengunjung Guten Morgen juga akan menemukan beragam hidangan istimewa. Mulai dari hidangan berat hingga camilan sebagai pendamping atau teman ngopi.



Guten Morgen pertama kali berdiri pada tahun 2016. Guten Morgen lahir berkat kecintaan sang owner pada minuman kopi dan kebiasaannya traveling serta kulineran. Tak hanya terbatas di Indonesia saja, owner yang bernama Van Kenny itu juga menjelajah berbagai negara lainnya. Puas berkeliling dunia dan menikmati ragam kuliner yang ada, ia pun ingin menghadirkan kopi asli Indonesia yang sesuai lidahnya serta aneka hidangan yang familiar di lidah masyarakat.


Dijumpai di salah satu outletnya yang ada di kawasan Setiabudi One, Jakarta Selatan, Kenny mengungkapkan jika nama Guten Morgen dipilih karena mudah diucapkan dan mudah didengar. "Pemilihan namanya karena kopi itu identik sebagai minuman di pagi hari. Dan istilah 'Guten Morgen' atau selamat pagi dari bahasa Jerman ini sangat mudah didengar maupun diucapkan. Sesimpel itu sih pilih namanya. Meski namanya ala-ala Western, tapi kopinya pakai biji kopi lokal Indonesia ya," terang Kenny.



Penikmat kopi yang datang ke Guten Morgen akan disuguhi beragam minuman kopi. Sebut saja Guten Morgen Coffee yang jadi kopi andalan di sini, Baileys Coffee, Coffee Cube,

Jerman Iced Coffee Latte, Cream Rhum Coffee, dan masih banyak lainnya. Untuk biji kopi yang digunakan Guten Morgen berasal dari 5 area di Indonesia, yakni Aceh, Bali, Malabar, Toraja, dan Lampung. Biji kopinya memadukan 80% jenis kopi Arabica dan 20% biji kopi Robusta. Kreasi kopi ala Guten Morgen ini memiliki sensasi rasa yang sedap dan khas di lidah, itu karena biji kopinya merupakan pilihan berkualitas premium.


Selain menawarkan minuman kopi, Guten Morgen juga memiliki varian menu yang menarik untuk dipesan. Hidangan seperti Truffle Chicken Rice, Salmon Butter Shoyu, Mong Kok Noodle, Guten Morgen Fried Rice, Black Squid Fried Rice, Beef Rawon Soup, Spamburi, dan lainnya bisa pengunjung Guten Morgen pilih. Ragam makanan dan minuman yang ditawarkan Guten Morgen ini berkisar antara Rp 25.000,- hingga Rp 120.000,- per porsinya.



Sensasi rasa dari secangkir kopi Guten Morgen pun sukses meluluhkan hati seorang Lukman Sardi. Pelaku peran yang namanya sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia itu pun akhirnya turut bergabung dan menjadi bagian dari Guten Morgen. "Saya adalah peminum kopi. Sebelumnya tidak pernah cobain kopinya Guten Morgen. Hingga akhirnya pada tahun 2021 ketemu Kenny dan cobain kopinya. Ternyata saya punya taste kopi yang sama dengan Kenny. Akhirnya ditawari untuk join, dan join karena ngerasa cocok. Waktu itu join di outlet yang di SCBD. Senang bisa melakukan sesuatu yang disuka dan harapannya Guten Morgen makin berkembang ke depannya," jelas Lukman Sardi saat dijumpai di Guten Morgen Setiabudi One, Jakarta Selatan.


Sampai saat ini, Guten Morgen sudah memiliki empat buah outlet yang berlokasi di Kota Jakarta. Keempat outlet itu berlokasi di Senayan City, SCBD, Setiabudi One, dan Tomang. Rencananya, pada Maret 2024 ini, Guten Morgen akan melebarkan sayap dengan membuka outlet terbarunya di kawasan Ubud, Bali.

Comments


bottom of page