• Maria Yuliana Kusrini

Halaman Kopi Indonesia Perkenalkan Podjok Kopi


Minuman kopi memang terbukti begitu disukai oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya terbatas pada kalangan orang tua dan laki-laki saja, tetapi sudah mulai meluas ke kalangan anak muda dan juga kaum hawa. Bisa dibilang, kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Halaman Kopi Indonesia salah satunya yang menawarkan minuman kopi dari biji kopi Indonesia terbaik.


Belum lama ini, tepatnya pada 20 Januari 2021, Halaman Kopi Indonesia memperkenalkan Podjok Kopi yang bisa ditemukan di jaringan hotel Amaris di seluruh Indonesia. Podjok Kopi ini menjadi kopi kemasan siap saji dan siap minum kreasi Halaman Kopi Indonesia yang bisa dinikmati oleh setiap tamu hotel. Produk kopi ini tersedia dengan pilihan panas yang mudah dibuat dan juga tersedia pilihan dingin yang dikemas dalam botol.


Pilihan kopinya ada 4 yaitu Robusta Tubruk, Robusta Tubruk Susu, Arabica Tubruk, dan Premium Excelsa Tubruk. Selain menyediakan kopi juga ada pilihan lain di luar kopi, seperti Greentea Latte, Red velvet, dan Chocolate. Penikmat minuman dingin, juga bisa menemukan beberapa varian itu, mulai dari Kopi Susu Aren, Greentea Latte, Chocolate, dan Red Velvet.



Di kesempatan yang sama, Halaman Kopi Indonesia melalui salah satu baristanya mendemokan proses pembuatan kopi. Barista bernama Widi Noe pun menunjukkan proses pembuatan kopi dengan teknik manual brewing. “Kopi bisa dibuat dengan menggunakan mesin kopi atau secara manual atau yang biasa disebut manual brewing. Manual brewing ini pun punya beberapa teknik berbeda, nah kali ini saya akan memembuat kopi dengan 3 teknik yang paling banyak dan sering dipilih oleh penikmat kopi. Yaitu V60, Aero Press, dan Vietnam Drip,” ungkap Widi Noe.


Kopi yang dibuat dengan teknik V60 diyakini memiliki rasa yang lebih seimbang. Dimana mampu memadukan kolaborasi pekat, asam, dan manis dari kopi itu sendiri. Dan secara tampilan, minuman kopi ini pun punya warna yang lebih terang. Sedikit berbeda dengan teknik pembuatan aero press yang mampu menghasilkan minuman kopi dengan warna lebih gelap. Tak hanya itu saja, citarasa kopinya pun cenderung lebih pekat karena proses pembuatannya yang juga dipress atau ditekan. Sedangkan untuk teknik Vietnam drip dinilai lebih diminati oleh wanita. Itu karena minuman ini memadukan kopi dengan susu atau kental manis sehingga citarasa minumannya lebih manis dibandingkan dua teknik sebelumnya.


Produk Podjok Kopi ini pun ditawarkan dengan harga yang bersahabat, kisarannya antara Rp 15.000,- hingga Rp 20.000,- saja. “Setiap kemasan kopinya terdiri atas 12gr kopi bubuk yang digiling halus atau fine, kemudian roastingnya medium. Saat ini, biji kopinya berasal dari Temanggung - Jawa Tengah, Gayo - Aceh, serta jenis Excelsa,” terang Selamet Riyadi atau yang lebih akrab disapa Dimas selaku owner Halaman Kopi Indonesia.

© 2019 yukmakan channel