• Maria Yuliana Kusrini

Harum Manis: Pesona Kuliner Asli Indonesia

Harum Manis merupakan restoran yang menyuguhkan hidangan khas Indonesia yang dikemas dalam konsep tradisional dan balutan ruang yang nyaman. Masuk ke dalam restorannya, pengunjung akan menemukan interior yang didominasi kayu dengan ukiran khas Jawa Tengah. Konsep tradisonal yang ingin ditonjolkan itu pun makin diperkuat dengan alunan musik khas Jawa sayup-sayup terdengar di seluruh penjuru restoran.

Sambil menikmati suasana syahdu dan tenang di sini, akan lebih sempurna jika ditemani dengan beberapa hidangan. Dari sekian banyak menu yang ditawarkan, berikut ini 5 pilihan yang bisa dijajal. Mulai dari olahan ayam, tumis kecipir yang jarang dijumpai, colenak, hingga minumannya.

Ayam Panggang Spesial Harum Manis

Hidangan yang satu ini hadir dengan porsi yang cukup besar, bisa dinikmati untuk 4 orang. Tampilannya cukup ramai dan pastinya memuaskan. Ayam 1 ekor dipotong menjadi beberapa bagian yang dipanggang dengan bumbu spesialnya. Sebagai pendamping ayam, ada nasi campur yang terdiri dari nasi putih, kuning, merah, dan hijau yang dicampur dengan serundeng dan taburan kacang mete. Selain ada nasi yang unik, masih ada lauk pauk lainnya seperti sate ayam, kering kentang, urap, telur pindang, dan tidak ketinggalan sambal jagung pisang bakar yang unik. Soal rasa, hidangan satu ini cukup enak dan sukses menuntaskan rasa lapar.

Tumis Kecipir Cindelaras

Sayur yang satu ini bisa dibilang cukup sulit ditemukan alias jarang dijual di tempat makan lainnya. Cukup kaget juga bisa menemukannya di deretan menu Harum Manis. Tumisan kecipir ini berhasil menciptakan sensasi nikmat yang langsung muncul di suapan pertama. Tekstur kecipirnya renyah dengan rasa bumbunya yang kuat. Campuran teri medan yang digunakan menjadikan tumisan ini semakin nikmat dan sedap!

Colenak Nyi Iteung

Setelah menikmati hidangan utama yang nikmat, saatnya beralih ke pilihan ringan dan manis. Colenak ini dihadirkan dengan komposisi craker, pisang bakar, tape bakar, unti, potongan buah strawberry dan nangka yang disusun bertingkat. Sebagai pemanis, ditambahkan lagi saus gula merah sebagai penyempurna. Komposisi memikat ini terasa sangat manis di mulut dengan aroma wangi dari pisang dan tapenya yang khas.


Es Teh Kweni

Selain memiliki makanan yang banyak, di sini juga menyediakan banyak varian minuman. Mulai dari jenis minuman tradisional hingga minuman lainnya seperti teh ataupun kopi. Es Teh Kweni salah satunya yang menarik untuk dipesan dan masuk dalam kategori minuman rekomendasi di Harum Manis. Berbahan dasar air teh, kemudian ditambah dengan potongan buah kweni dan juga potongan kolang-kaling berwarna hijau. Wanginya kweni membuat saya menjadi makin suka dengan minuman dingin ini.

Es Teh Sari Kelapa

Hampir sama dengan Es Teh Kweni, Es Teh Sari Kelapa juga jadi minuman rekomendasi Harum Manis. Minuman ini juga menggunakan bahan baku air teh. Namun paduannya yang agak berbeda, yakni disajikan dengan sari kelapa, biji selasih, dan tambahan sirup berwarna merah. Kesegarannya tidak diragukan lagi.

Harum Manis

Pavilion Apartement Retail Arcade, Jl. KH. Mas Mansyur Kav. 24, Jakarta

021 – 57941727

© 2019 yukmakan channel