• Maria Yuliana Kusrini

Hidangan Nusantara dengan Ikon Pesawat Terbang

Di kawasan wisata Ancol, Jakarta Utara terdapat sebuah tempat makan yang menawarkan nuansa berbeda. Bernama Taman Santap Rumah Kayu, restoran ini menempati area yang luas dengan kapasitas mencapai 800 tempat duduk. Tempat makan ini memang cocok untuk dijadikan sebagai pilihan tempat makan bagi yang datang bersama keluarga.



Konsep di resto ini juga sangat menarik, membuat nyaman pengunjungnya dengan berbagai pilihan lokasi duduk. Ada lesehan dengan pemandangan kolam ikan koi di dekatnya, hingga pengalaman serumakan di dalam kabin pesawat terbang. Khusus di area pesawat, pengunjung diharuskan mengikuti aturan yang berlaku, yakni menikmati hidangan sesuaipaket atau set menu yang telah ditentukan. Setiap paketnya hanya untuk 4 orang. Paketnya adalah Cabin A, Cabin B, Cabin C, dan Cabin D. Setiap paketnya terdiri dari appetizer, sup, main course, dessert, dan minuman.



Untuk hidangannya, Taman Santap Rumah Kayu menawarkan citarasa khas Nusantara. Sebut saja Ikan Kwe Saus Dabu-dabu, Udang Special Rumah Kayu, Ayam Bakar Rumah Kayu, Brocoly Salju, dan masih banyak lainnya. Setiap masakan memiliki citarasa yang khas dan pastinya akan disukai oleh kebanyakan orang.


Ayam Bakar Rumah Kayu menjadi salah satu sajian andalan. Hidangan ini menggunakan pilihan ayam kampung yang dibumbui dengan racikan khusus dan dapat dipesan per potong ataupun 1 ekor. Untuk penyajiannya, ayam porsi utuh ini dipotong menjadi beberapa bagian kemudian ditusuk dengan lidi. Rona bakaran terlihat jelas pada penampakan si ayam.


Tak kalah nikmatnya dengan Ikan Kwe Saus Dabu-dabu yang terbuat dari ikan kwe dibakar kemudian disajikan dengan saus dabu-dabu di bagian atas ikan. Irisan cabai rawit, tomat, dan bawang merah tampak begitu mengiurkan, khususnya bagi yang mengaku suka dengan makanan pedas. Lembutnya ikan kwe berpadu cantik dengan saus dabu-dabunya.


Berikutnya adalah sajian udang bernama Udang Special Rumah Kayu. Menggunakan udang berukuran cukup besar yang disajikan dengan bumbu merah berbahan dasar saus Thailand. Rasanya juga sangat lezat. Untuk pilihan sayurnya bisa menjadikan Brocoly Salju sebagai pilihan terbaiknya. Sayur ini hadir dengan warna yang begitu menarik bercitarasa gurih. Brokoli yang direbus kemudian disajikan bersamaan dengan campuran jagung, tofu, dan putih telur yang mirip seperti sup.



Banyak memiliki pilihan makanan, restoran ini juga memiliki deretan minuman favorit. Beberapa sudah dijamin kesegarannya antara lain Coconut Breeze, Deep Blue Sea, Red Mojito, dan Green Fresh Rumah Kayu. Ketiganya tersaji dingin dan semuanya sangat menyegarkan ketika diminum. Taman Santap Rumah Kayu Ancol ini memang terbukti begitu mengesankan.


Kenikmatan dari berbagai sajian yang telah ditawarkan itu pun disempurnakan dengan suasana yang ada. Lokasi restorannya demikian luas dengan kapasitas yang mampu menampung hingga 800 orang. Makin bergaya dengan adanya ikon pesawat terbang yang bisa dijadikan lokasi untuk makan. Namun ada persyaratan khusus untuk pengunjung yang ingin bersantap di atas pesawat itu. Misalnya saja untuk makanan yang dipesan haruslah set menu hingga diharuskan melakukan reservasi jika ingin bersantap di sana. Taman Santap Rumah Kayu beroperasi di jam 10.00 - 22.00 di hari Senin hingga Jumat, dan khusus Sabtu Minggu buka hingga jam 23.00 WIB.


Taman Santap Rumah Kayu

Jl. Lodan Timur 11 No. 7, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara

021 – 64716351

© 2019 yukmakan channel