top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Icip-icip Pecel Jawa Timur Enak!

Ada tempat makan bernama Pecel Pincuk Kalibata yang menawarkan sajian pecel khas Jawa Timuran. Sesuai dengan namanya, sajian pecel menjadi salah satu menu unggulannya. Pecelnya begitu istimewa dan agak berbeda dengan pecel kebanyakan.


Pecel Sambal Tumpang

Pecelnya memiliki aroma kencur, daun jeruk, dan tempe semangit yang melebur jadi satu. Ya, sedikit berbeda dengan pecel kebanyakan, pecel di tempat ini menambahkan tempe semangit atau tempe busuk yang punya aroma khas sebagai campurannya, ini dinamakan sebagai sambal tumpang. Biasanya, pecel hanya menggunakan bumbu kacang saja, namun di sini juga menyediakan pilihan sambal tumpang.


Bagi yang kurang suka dengan sambal tumpang, bisa memesan tanpa menggunakan sambal tumpangnya alias bumbu pecel orisinil. Tapi buat yang penasaran, bisa langsung pesan pecel dengan bumbu mix. Atau mengaku lidah Jawa Timur-an yang sudah terbiasa dengan sambal tumpang, bisa juga pesan pecel sambal tumpang.


Pecel di sini menggunakan sayuran yang cukup lengkap. Ada daun pepaya rebus, daun singkong rebus, daun kemangi, kenikir, taoge, petai cina, irisan mentimun, serundeng kelapa, oseng tempe, dan rempeyek. Sayuran itu pun ditambah siraman bumbu pecel serta sambal tumpang. Setelah bumbu diaduk, yang tercecap di lidah adalah sebuah kompleksitas rasa pecel nan istimewa, keduanya tidak saling bertabrakan.

Selain pecel, aneka lauk pelengkap pecel tersedia dalam tampah bambu di atas meja. Pilihannya mulai dari jeroan ayam yang digoreng, empal, paru, tempe-tahu bacem, rempeyek udang, pepes udang, hingga aneka gorengan seperti bakwan jagung, tahu isi, tempe goreng, mendol, dan tempe bosok yang dibalut tepung. Ingin mencicipi sajian Nusantara lainnya, pesan saja Garang Asam khas dari pesisir utara Jawa Tengah dan Rawon khas Surabaya.


Tempat makan ini buka antara jam 07.00 – 21.00 WIB, khusus hari Sabtu hanya sampai jam 17.00 WIB. Interior tempat makan ini sederhana, namun nyaman dengan pilihan tempat duduk ala warung.


Pecel Pincuk Kalibata

Jl. TMPN Kalibata, Jakarta Selatan

021 – 70588204

bottom of page