• alettasumampouw

Indonesia Spice Up The World di Pameran SIAL Interfood 2022


Pada tanggal 9 -12 november 2022 ini akan diselenggarakan Pameran Internasional terbesar & terlengkap untuk kebutuhan Industri HORECA, Jasa Boga, Culinary, kemasan sampai Licence – Franchise. Pameran yang diselenggarakan oleh Sial Interfood dan KRISTA Exhibitions ini merupakan kolaborasi antara dua kekuatan yang terkuat di bidang pameran industri makanan dan minuman. SIAL GROUP sendiri adalah pameran makanan dengan jaringan terbesar di dunia dengan 55 tahun berpengalaman. Sedangkan INTERFOOD di Indonesia menampilkan pameran makanan dan minuman terkemuka yang sudah berjalan selama 20 tahun.


Indonesia Spice Up the World (ISUTW) merupakan program bersama lintas kementerian/lembaga untuk mendukung peningkatan kontribusi dan nilai tambah sub sektor kuliner bagi perekonomian nasional. Program ini memiliki target peningkatan jumlah ekspor bumbu/rempah sebesar USD 2 miliar dan mendorong 4.000 restoran Indonesia go international di mancanegara pada 2024, serta mempopulerkan bumbu masak Indonesia agar dapat menyaingi bumbu rempah-rempah Oriental, Thailand, dan Vietnam.


Melalui ISUTW, Indonesia mempromosikan lima makanan khas nasional: rendang, nasi goreng, sate, soto, dan gado-gado. Lima makanan dinobatkan sebagai World's 50 Best Foods 2017-2021 oleh CNN Travel, dan berharap ribuan restoran Indonesia di luar negeri akan menampilkan merek rempah dan bumbu lokal Indonesia. Sementara itu, di Indonesia, mini-storefronts telah didirikan di tujuan wisata prioritas utama. Produk rempah dan bumbu Indonesia juga ditawarkan melalui etalase digital (marketplace) yang terhubung dengan landing page ISUTW untuk memfasilitasi perdagangan produk rempah dan bumbu Indonesia. Selain mempromosikan Indonesian Spice up The World, juga akan diadakan berbagai kompetisi membuat makanan yang menggunakan bumbu-bumbu tradisional Indonesia.



Menurut Menteri Perindustrian, ISUTW juga merupakan strategi untuk meningkatkan daya saing industri pengolahan rempah dan rempah Indonesia melalui kemudahan akses bahan baku, peningkatan teknologi, kompetensi sumber daya manusia (SDM), dan kualitas produk. Indonesia Spice Up the World (ISUTW) akan hadir di SIAL Interfood dengan dukungan penuh dari Asosiasi Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (GAPMMI).


SIAL INTERFOOD 2022 diikuti oleh lebih dari 750 perusahaan berasal dari 27 negara, diantaranya: Australia, Belanda ,China ,India, Indonesia, Iran, Italia, Jepang, Jerman , Kanada, Korea Selatan, Malaysia, Mesir, Oman, Pakistan, Palestina, Perancis , Polandia , Saudi Arabia, Singapore, Taiwan, Thailand, Turki, Uruguay, USA, Vietnam, Yunani. Pameran SIAL INTERFOOD 2022 diselenggarakan bersamaan dengan Pameran F&B License Franchise, SeaFood Show of Asia dan INAShop Expo 2022.


Dalam konferensi pers hari ini, tanggal 2 November 2022, Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika menyampaikan beberapa point bahwa Kemenperin mendukung penyelenggaraan pameran SIAL Interfood. "Selain dukungan terhadap penyelenggaraan pameran, kami juga memfasilitasi industri untuk berpartisipasi di pameran SIAL Interfood sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kakao Indonesia. Industri pengolahan kakao kami fasilitasi dalam bentuk booth pada COCOA PAVILION B3. Paviliun akan diisi oleh 10 pelaku usaha industri pengolahan kakao dan cokelat".


Selain itu, CEO Krista Exhibition, Daud D Salim menyampaikan “Pameran Sial Interfood kali ini terasa sangat istimewa setelah hampir 3 tahun vakum akibat pandemi Covid-19 dan optimis dengan adanya Pameran Sial Interfood ini pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia akan go global di mancanegara, dengan menampilkan berbagai inovasi baru makanan, minuman, jasa boga dan bakery .Kami bangga dapat menyelenggarakan pameran Sial Interfood 2022 yang menjadi barometer untuk mendorong bangkitnya industri kuliner dan HORECA di Tanah Air.”


Tradisi Pameran SIAL INTERFOOD menampilkan berbagai jenis produk unggulan makanan dan minuman sampai pada kemasannya seperti makanan olahan, bahan dasar susu dan keju, daging dan daging olahan, ikan, hasil laut, buah sayuran, teh, gula, coklat, makanan dan minuman kebugaran dan kesehatan, makanan beku, es krim, gelato, pizza, makanan organik, makanan siap saji, makanan kalengan, bahan untuk bakery, makanan minuman beralkohol, Pameran akan menampilkan secara lengkap mesin peralatan dan aksesoris terbaru untuk memasak dan produk produk inovatif lainnya yg pasti dibutuhkan oleh Cafe, Restaurant, Catering dan Hotel.


SIAL Interfood 2022 juga merupakan ajang edukasi dimana berbagai pelatihan atau pendidikan, akan bisa dihadirkan seperti misalnya edukasi mengenai beda Lisensi dan Franchise sehingga paham betul kalau masuk dunia usaha dengan format tersebut. Acara ini akan diselenggarakan oleh Asosiasi Franchise Indonesia dan Asosiasi Lisensi Indonesia.


Acara seperti Member Gathering Asosiasi Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (GAPMMI) dengan tema “Diseminasi Peraturan dan Kebijakan BPJPH Terbaru “, Talkshow dari Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) dengan tema “ Intergrasi Digitalisasi pada Ritel Modern”, “ UMKM Indonesia Tumbuh bersama Ritel Modern”, “UMKM Go Global” dan Acara Puncak Hari Ritel Nasional ke III, dan beberapa acara menarik dari Dewan Kakao Indonesia (DEKAINDO) untuk memperingati Hari Kakao Indonesia 2022 seperti Kompetisi The Best Brownie, Kompetisi The Indonesian Cocoa Plated Desert, Pameran Produk Kakao dan Coklat, dan ada juga Member Gathering Asosiasi Pengusaha Pengolahan Dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I), dan masih banyak lagi acara lainnya yang akan melengkapi pameran terbesar ini.


Kesuksesan SIAL INTERFOOD 2022 adalah berkat dukungan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Bersama dukungan Asosiasi Assosiasi terkemuka seperti Gabungan Pengusaha Makanan Minuman (GAPMMI), Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI ), Asosiasi Pengusaha Pengolahan Dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Association of Culinary Professionals (ACP), Indonesian Chef Association (ICA), Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI), Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI), sosiasi Teh Indonesia (ATI), Dewan Kakao Indonesia (DEKAINDO), Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (AEKI), Perkumpulan Petani dan Penggiat Kopi Indonesia ( Asosiasi Kopi Indonesia-ASKI ), Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia ( ASPERAPI), Federasi Pengemasan Indonesia (IPF), dan lain – lain.


Yuk kita hadir di pameran terbesar tahun ini yaitu SIAL INTERFOOD 2022, JIExpo Kemayoran Jakarta tanggal 9 – 12 November 2022 mulai pukul 10:00 hingga 19:00.