top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Ini Dia Gebrakan Terbaru Chef Syrco Bakker Untuk Indonesia

Syrco Bakker merupakan seorang chef keturunan Indonesia Belanda yang telah mengantongi dua Penghargaan Michelin Star. Tinggal menetap di Belanda, kini ia beserta tim kulinernya datang ke Asia, tepatnya Indonesia untuk memamerkan keahliannya yang unik. Tak hanya itu saja, ia juga akan membuka restoran terbarunya Syrco BASE yang berlokasi di Ubud, Bali pada bulan November 2023 mendatang.



Di awal kedatangan sekaligus kepulangannya ke Tanah Air, Chef Syrco menghadirkan serangkaian kolaborasi dapur pop-up di Asia. Bertepatan dengan Ubud Food Festival, ia bersama Four Seasons Bali mengadakan tur chef pop-up Asia pada 1 Juli 2023 lalu. Syrco Bakker dan tim senior koki, maître, dan sommeliernya yang datang dari Belanda mengadakan makan malam yang menampilkan menu spesial ala Syrco BASE. Setelahnya, tim akan memulai serangkaian pengambilalihan dapur pop-up di Singapura, Bangkok, dan Jakarta dalam beberapa bulan mendatang sebelum menetap secara permanen di Bali untuk pembukaan Syrco BASE.


Mewarisi budaya Indonesia-Belanda, Syrco menjalani masa kecilnya di tengah perpaduan budaya Eropa. Hal itu pun telah membentuk gaya kuliner khasnya, yang melibatkan sumber bahan-bahan lokal terbaik dan menggabungkan teknik sekaligus selera oriental dan barat. Hal itu pun membangkitkan kenangan masa kecilnya sambil secara otentik memperjuangkan bahan, budaya, dan warisan. Bagi Syrco yang tumbuh besar di Belanda, itu merupakan sebuah warisan keluarga yang patut dilestarikan.


"Saya bersyukur atas kesempatan untuk berbagi visi kuliner saya dengan dunia dari Bali, menyambut para tamu untuk mengalami rasa yang unik, suasana, tempat, dan orang orang, sambil berbagi visi kami di Syrco BASE yang akan sangat mendalam. Akar saya terdapat di tanah subur Bali, di mana bersama-sama kita tumbuh dan berkembang," terang Syrco Bakker yang memiliki kakek dari Jawa dan nenek dari Sumatra.


Syrco BASE sendiri bukan hanya sekadar restoran. Akan tetapi, tempat makan ini menjadi perpaduan dari pengaruh global dan inovasi dalam bahan, masak dan, makanan. Mengambil inspirasi dari konsep alam semesta yang bergerak dalam budaya Bali. Syrco BASE terletak dekat pusat kota budaya dan pusat kuliner yang dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau, sawah, dan pura yang menjadikan daerah ini ikonik. Mengubah pengalaman makan modern, Chef Syrco dan timnya yang menggabungkan gastronomi, mixologi, inovasi dan keberlanjutan. Pendekatan unik ini berbentuk satu lokasi dengan tiga pengalaman makanan yang mendalam dan didukung oleh workshop, pertanian, dan ritel.


Syrco BASE didesain ikonik yang memiliki 4 area berbeda. Yakni restoran dengan bar lounge, chef's table yang intim, dan bite bar yang menyajikan menu fine dining. Tamu yang datang tak hanya bisa menikmati hidangan istimewa, tetapi juga bisa menemukan berbagai pilihan minuman. Sebut saja aneka pilihan cocktail, mocktail, serta wine. Aneka wine itu pun disimpan dalam ruangan khusus yang luas. Selain itu, toko yang ada di tempat tersebut akan menampilkan kolaborasi dengan pengrajin lokal, produsen, pembuat bir, nelayan, dan juga petani.

Commenti


bottom of page