top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Jakarta Fashion & Food Festival Ke-17

PT Summarecon Agung Tbk dengan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta kembali berkolaborasi menghadirkan perhelatan akbar Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF atau JF3). Tahun ini, JF3 telah berlangsung untuk ke-17 yang terselenggara pada 23 September hingga 10 Oktober 2021.


JF3 masih tetap menunjukkan konsistensinya untuk mendukung industri kreatif berbasis budaya sekaligus turut mendorong agar UMKM dapat bangkit dan maju bersama. Tahun ini, JF3 mengajak seluruh elemen bangsa untuk bergandeng tangan bersama, membangkitkan kembali industri mode tanah air dengan memberikan manfaat nyata dan langsung kepada seluruh pelaku industri kreatif. Mengusung kampanye #JF3TogetherWeAreStronger, JF3 dibuka dengan menghadirkan eksibisi Fashion Village di area koridor MKG 3 selama 18 hari.


Fashion Village tahun ini menampilkan 50 pelaku usaha kecil dan menengah dengan beragam hasil karya industri lokal, seperti kain, busana siap pakai, aksesoris dan lainnya. Ada tiga area yang dihadirkan dengan tema berbeda, yakni Selasar Nusantara, Bazar Mode, dan Padu Padan Lokal. Untuk para pecinta kain tradisional premium, bisa mendatangi ‘Selasar Nusantara’ dan menemukan outlet seperti Batik Marunda, Batik Madura, Batik khas Jambi, Tenun Garut, dan sebagainya.

Sedangkan di area ‘Bazar Mode’ pengunjung akan menemukan berbagai busana siap pakai yang praktis. Mulai dari busana batik, hijab untuk sehari-hari yang juga dilengkapi dengan kudapan kekinian yang saat ini banyak diminati masyarakat. Ragam hidangan ini bisa dinikmati bersama teman ataupun keluarga. Berbeda lagi dengan area ‘Padu Padan Lokal’ yang diramaikan dengan berbagai produk-produk sentuhan etnik berkualitas.


“Kami berharap penyelenggaraan JF3 tahun ini, dapat memberikan kontribusi nyata bagi para UKM di industri kreatif lokal yang tentunya sangat membutuhkan dukungan agar usaha mereka terus berjalan. Seiring dengan dapat beroperasinya kembali pusat perbelanjaan, maka kami pun ingin para UMKM ini untuk dapat berusaha kembali. Bahkan kami juga berupaya agar mereka dapat menjangkau masyarakat lebih luas melalui program-program yang diselenggarakan berbasis digital. Selain itu, melalui presentasi Lakon Indonesia: Gantari, The Final Journey to Java, kami berharap dapat pula memberikan kontribusi bagi para pengrajin dan UMKM di Jawa, agar kita dapat bangkit bersama dan terus bertumbuh,” ungkap Soegianto Nagaria selaku Chairman JF3.



Berkunjung di area pameran JF3 ini, masyarakat akan semakin dimudahkan saat berbelanja melalui program Virtual Shopping. Masyarakat pun dapat menikmatinya tanpa hambatan jarak dan tentunya akan menghemat waktu. Virtual Shopping ini dapat dinikmati melalui Instagram Live yang ditayangkan serentak di akun JF3, Summarecon Mall Kelapa Gading, Summarecon Mall Serpong, dan Summarecon Mall Bekasi. Berbagai aktivitas digital lainnya juga digelar untuk memeriahkan JF3 tahun ini seperti IG Live, talkshow, tips dan trick style dari para stylist terpilih.

Pada tanggal 9 Oktober 2021 nanti, JF3 akan berkolaborasi dengan Lakon Indonesia. Kolaborasi itu akan menghadirkan presentasi Gantari, The Final Journey to Java. Ini merupakan hasil kerjasama Lakon Indonesia dengan para pengrajin kain di Jawa, artisan, seniman, fesyen desainer, dan arsitek yang akan mempresentasikan koleksi terbarunya dipadukan dengan budaya dan tradisi Indonesia yang bernilai tinggi. Acara ini pun dapat disaksikan secara streaming, langsung melalui akun media sosial JF3, Summarecon Mall Kelapa Gading, Summarecon Mall Serpong, Summarecon Mall Bekasi, dan Lakon Indonesia.


bottom of page