• Maria Yuliana Kusrini

Jalan-jalan Kuliner Bali, Kolaborasi KiddieCare & Yukmakan

Sempat tertunda karena adanya pandemi, akhirnya kolaborasi antara Media Kuliner Yukmakan dan KiddieCare untuk mengadakan kegiatan wisata dan jalan-jalan kuliner akhirnya berlangsung juga. Jalan-jalan kuliner yang diikuti 91 peserta ini berlangsung antara 17-21 Oktober 2021. Pulau Dewata, Bali menjadi destinasi wisata pilihan untuk dikunjungi selama 5 hari 4 malam itu.



Hari 1

Turun dari pesawat, rombongan KiddieCare yang terdiri dari dokter, tenaga kesehatan, admin, dan staff lainnya itu pun segera naik bis dan mengunjungi kawasan Sanur. Sebagai lokasi pertama Bamboo Bar & Lounge, bagian dari Hotel Prama pun dijadikan pilihan untuk bersantap makan siang. Di kafe yang berlokasi di pinggir Pantai Sanur ini pun, rombongan bisa bersantap sambil menikmati suasana pantai yang indah.



Usai bersantap siang di lokasi outdoor, peserta pun diajak menikmati es krim di Gelato Massimo yang lokasinya juga di kawasan Sanur, tak jauh dari Hotel Prama ini. Di tempat ini, setiap orang bisa menikmati dingin dan nikmatnya gelato dengan dua varian rasa berbeda. Perjalanan pun berlanjut ke kawasan Uluwatu untuk menikmati pentas tari Kecak yang jadi salah satu pertunjukan unggulan masyarakat Bali. Puas menikmati pertunjukan tari kecak, rombongan pun menuju Hotel Movenpick Spa & Resort di kawasan Jimbaran yang dijadikan lokasi menginap selama berwisata di Bali.


Hari 2

Hari Kedua dimulai dengan sarapan di Anarasa Restaurant. Berbagai hidangan tersedia secara buffet yang terhidang lengkap dan dapat dipilih sendiri oleh setiap tamu yang menginap. Jam 09.00 WITA rombongan pun sudah bersiap dan memulai perjalanan untuk mengunjungi Ulun Danu di kawasan Bedugul. Ulun Danu merupakan pura di tepi Danau Beratan Bedugul yang diperindah dengan taman bunga luas nan asri serta bukit yang begitu indah.


Puas menikmati keindahan Ulun Danu, rombongan pun diajak makan siang di Cafe De Danau yang lokasinya ada di seberang objek wisata ini. Sajian istimewa dipersiapkan oleh Cafe De Danau yang disajikan secara buffet. Beragam lauk pauk bisa dipilih mulai dari ikan, ayam, dan masih banyak lainnya. Masih di area Cafe De Danau, rombongan pun mengadakan kegiatan berupa games untuk seluruh peserta yang bertujuan untuk lebih mengasah kekompakan tim KiddieCare.



Perjalanan hari kedua ini pun berlanjut dengan mengunjungi obyek wisata Tanah Lot yang menjadi salah satu ikon wisata di Bali. Sembari menikmati keindahan pura yang ada di atas karang di tepi pantai ini, rombongan juga bisa menyaksikan sunset. Dari Tanah Lot, Tabanan, perjalanan hari kedua ini pun diakhiri dengan makan malam di Warung Made yang berlokasi di Seminyak. Di sini, rombongan bisa bersantap menu unggulan Warung Made seperti Ayam Be To Too, Bebek Be To Too, dan lainnya.


Hari 3

Perjalanan di hari dimulai lebih pagi dibandingkan dengan perjalanan di hari lainnya. Pasalnya di kesempatan ini, rombongan akan diajak berwisata ke Nusa Penida. Usai sarapan, jam 07.00 WITA rombongan sudah dijemput bis untuk diantar ke kawasan Pantai Sanur untuk menyeberang menggunakan kapal boat. Lama menyeberang menggunakan kapal boat memakan waktu sekitar 45 menit lamanya. Sesampainya di pulau Nusa Penida, rombongan langsung bisa naik ke dalam mobil yang telah disiapkan.


Angel's Billabong dan Broken Beach dijadikan sebagai lokasi pertama yang didatangi oleh rombongan. Pantai indah dengan airnya yang begitu biru dan bening terasa begitu memanjakan mata. Sebelum berlanjut ke pantai indah selanjutnya, rombongan diajak makan siang di tempat makan bernama Sembuluh. Pantai Kelingking dan Crystal Bay Beach dijadikan lokasi kunjungan selanjutnya. Di kedua tempat ini, setiap rombongan tentu tak mau melewatkan kesempatan untuk berfoto. Perjalanan wisata di Pulau Nusa Penida area Barat ini pun berakhir dan meninggalkan kesan mendalam bagi setiap pengunjungnya.



Perjalanan hari ketiga pun ditutup dengan santap malam di pinggir Pantai Jimbaran. Cafe Nyoman dengan deretan hidangan seafood istimewanya siap memanjakan lidah. Pilihan menu seperti lobster, ikan bakar, udang, cumi goreng tepung, hingga kerang menjadikan makan malam di pantai pasir putih Jimbaran terasa begitu romantis.


Hari 4

Acara di hari keempat ini lebih banyak dihabiskan di area hotel saja. Itu karena rombongan KiddieCare akan mengadakan acara puncak berupa gala dinner yang akan dilangsungkan di Rooftop Movenpick. Usai sarapan dan acara bebas di pagi hari, rombongan pun diajak menyusuri pantai Jimbaran yang lokasinya tak terlalu jauh dari hotel tempat menginap. Sampai di tepi pantai, rombongan pun kembali mengadakan kegiatan games yang sesuai dengan kelompok yang sudah dibentuk. Meski matahari begitu terik, namun semua peserta begitu semangat untuk mengikuti semua permainan yang telah dipersiapkan oleh panitia.

Tepat di jam 11.30 WITA, bis pun menjemput rombongan untuk mengantar makan siang di kawasan Tuban. Paon Mek Tut dengan hidangan Nasi Campur Spesialnya siap menyambut rombongan untuk bersantap siang. Selesai makan siang, rombongan kembali ke Hotel Movenpick untuk acara bebas. Jam 16.00 - 17.00 WITA, Hotel Movenpick menyediakan Chocolate Hour yang berlangsung di Anarasa Restaurant. Rombongan pun tak mau melewatkan kesempatan ini dengan menikmati lelehan cokelat yang dipadukan dengan potongan buah segar, biskuit, puding, dan marsmallow.


Gala dinner yang berlangsung di Rooftop lantai 8 hotel pun dimulai jam 18.00 WITA. Tak hanya sekedar makan malam saja, di sini juga ada pesta kostum bertemakan Indian dan Country style. Di akhir acara akan dipilih beberapa peserta dengan kostum terbaik yang akan mendapatkan berbagai hadiah menarik. Pada kesempatan ini juga, KiddieCare juga mengumumkan pemenang dari berbagai lomba yang diadakan selama acara wisata ini berlangsung. Santap malam pun juga diramaikan dengan berbagai hidangan istimewa yang telah dipersiapkan oleh tim dapur Rooftop Movenpick. Mulai dari hidangan pembuka hingga dessert tersedia secara lengkap dengan citarasanya yang juga istimewa.


Hari 5

Ini menjadi hari terakhir dari perjalanan wisata rombongan KiddieCare selama di Bali. Usai sarapan, packing, dan mengurus check out, rombongan pun diajak berbelanja di Krisna yang ada di Sunset Road. Perjalanan pun bersambung ke Pasar Seni Kuta, di lokasi ini rombongan diajak duduk di tepi pantai kuta. Rombongan diajak makan siang di tepi pantai dengan menu Nasi Campur Wardani. Kegiatan makan siang ini pun menjadi penutup dari seluruh kegiatan Jalan-jalan Kuliner antara Yukmakan dan KiddieCare selama di Bali.