• Maria Yuliana Kusrini

Jelajah Coto dan Pallubasa di Makassar

Datang ke Makassar tentu tak lengkap jika tidak sekalian untuk kulineran. Salah satu kota di pulau Sulawesi ini memiliki deretan menu kuliner yang unik, nikmat, dan lezat untuk dicoba. Dari sekian banyak pilihan yang ada, coto dan pallubasa wajib untuk dijajal saat berkunjung ke Makassar.


Coto atau soto khasnya Makassar ini menjadikan daging sebagai bahan utamanya. Kuahnya pun terasa gurih berempah dengan pilihan bening ataupun santan. Sekilas, tampilan pallubasa mirip dengan coto, karena sama-sama berkuah dan menjadikan daging serta jerohan sapi atau kerbau sebagai bahan utamanya. Proses masaknya pun juga sama, direbus dalam waktu lama dengan menggunakan bumbu rempah melimpah. Namun, pallubasa memiliki kuah yang warnanya lebih gelap dibanding coto. Selain itu, pallubasa juga menambahkan serundeng kelapa dan kuning telur mentah sebagai bahan tambahannya. Coto dan pallubasa pun biasa ditemani dengan burasa atau buras atau ketupat khas Makassar.

Kedua hidangan istimewa Makassar itu pun bisa ditemukan di beberapa tempat makan. Misalnya saja di Coto Daeng Sirua yang beralamat di Jl. Abdullah Daeng Sirua No. 10, Panakkukang, Makassar. Coto di tempat ini menggunakan kuah santan atau susu sehingga bercitarasa gurih berisikan potongan daging empuk bertabur potongan daun bawang. Coto Daeng Sirua ini pun masuk sebagai tempat makan legendaris di Makassar karena telah beroperasi lebih dari 30 tahun lalu. Ada juga olahan coto nikmat di Coto H. Daeng Tayang yang beralamat di Jl. Sultan Hasanuddin – RanggongNo. 1, Makassar. Di sini menyediakan pilihan Coto Lidah dan Coto Campur dengan potongan daging yang cukup besar.

Pilihan coto legendaris lainnya juga bisa ditemukan di Coto Nusantara yang beralamat di Jl. Nusantara No. 32, Makassar atau di outlet keduanya di Jl. Merpati, Makassar. Berdiri sejak tahun 1975, tempat makan ini pun menawarkan olahan coto dengan kuah yang kuat rempah dan daging melimpah dengan potongan yang cukup besar. Ada juga Aroma Coto Gagak yang menyuguhkan coto nikmat dan tak kalah lezat. Telah berdiri sejak tahun 70-an, tempat makan ini berlokasi di Jl. Gagak No. 27, Mariso, Makassar. Ingin menikmati coto sekaligus sop bisa mampir ke Sop Saudara. Coto yang beralamat di Jl. Andalas, Bontoala, Makasssar ini memiliki kuah yang didominasi dengan rasa kacang.

Sedangkan bagi yang ingin menikmati sedapnya sajian pallubassa, bisa mampir ke Pallubasa Serigala dan Pallubasa Onta. Keduanya menyematkan nama hewan, karena lokasinya berada di jalan dengan nama tersebut. Pallubasa Serigala beralamat di Jl. Serigala, Mamajang Dalam, Makassar. Sudah berdiri lebih dari 30 tahun, pallubasa di sini memiliki rasa yang kuat akan rempah. Sedangkan Pallubasa Onta beralamat di Jl. Onta Lama, Mamajang, Makassar. Pallubasa Onta telah berdiri lebih dari 20 tahun lalu dan juga punya banyak pelanggan.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi tempat makan yang menjual coto dan pallubasa khas Makassar. Silakan cicipi dan buktikan sendiri kelezatan dari setiap hidangannya. Yuk makan coto dan pallubasa saat berkunjung ke Makassar!!

© 2019 yukmakan channel