top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Jelajah Kuliner Nusantara di Kampoeng Tempo Doeloe Yuk!

Pecinta kuliner di Jakarta dan sekitarnya tentu sudah tak asing dengan festival kuliner Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) Pameran yang membawa berbagai tenant kuliner ini menjadi bagian dari event tahunan Jakarta Fashion & Food Festival atau JF3. Festival kuliner yang telah berlangsung ke-18 kalinya ini dapat dijumpai di La Piazza, Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara antara tanggal 3 Agustus hingga 3 September 2023.



Tahun ini, KTD mengusung tema #JelajahKulinerNusantara. Sesuai dengan temanya, maka ada berbagai hidangan khas Nusantara yang bisa pengunjung temukan selama event berlangsung. Berbagai daerah itu mulai dari wilayah Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi. Setidaknya ada lebih dari 600 menu makanan khas Nusantara dari 100 tenant terpilih yang bisa pengunjung cicipi selama festival ini berlangsung. Untuk bisa berkuliner di sini, pengunjung diwajibkan untuk melakukan pembayaran dengan metode cashless.


Dari berbagai tenant kuliner yang ada di KTD, ada lebih dari 10 menu kuliner legendaris favorit yang bisa dijumpai. Sebut saja Otak-otak Binatu An, Pisang Goreng Madu & Rumah Jajan Bu Nanik, Se’i Sapi Lamalera, Pukis Telur Kampung Sumber Rejeki, Nasi Empal Bu Marie, Waroeng Kopi dan Roti Panggang Tung Tau sejak 1938, Bubur Ikan Pontianak Ango, Es Podeng Daplun, Sop Konro Karebosi & Coto Makassar, Bakso Ikan Telur Asin Ahan, Sate Madura Cabang Veteran, hingga Ketan Susu Kemayoran. Berbagai kuliner legendaris itu pun dipilih berdasarkan riset dan kurasi yang dilakukan oleh tim KTD dengan beberapa kriteria. Mulai dari nilai legendaris, bersejarahnya tenant tersebut, hingga kepopuleran menu dari masing-masing daerah asalnya.



“Kami bersyukur bahwa penyelenggaraan JF3 tahun ini dapat kembali hadir dan mendapat dukungan serta antusiasme dari berbagai pihak. Sejalan dengan semangat pemberdayaan yang menjadi misi JF3 tahun ini, melalui KTD kami mengajak seluruh pihak untuk terus mengenal, menikmati, mencintai, dan mendukung keberlangsungan pemberdayaan UMKM lokal. Khususnya di industri kuliner Indonesia secara berkelanjutan sehingga warisan kuliner Nusantara tetap lestari hingga lintas generasi. Kami harapkan para pelaku usaha kuliner dapat memanfaatkan JF3 sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis yang lebih baik dan kompetitif, bahkan hingga mampu bersaing di pasar internasional," ungkap Soegianto Nagaria selaku Chairman JF3.


Selain terdapat KTD dengan berbagai tenant kuliner khas Nusantara, juga ada Wonderful Culinary Expo (WCE) yang ada di lokasi yang sama. Pameran WCE ini menghadirkan beragam kopi-kopi kurasi terbaik Nusantara, seperti kopi Gayo, Toraja, Jawa, Flores, Bali, dan Papua. Bekerjasama dengan Strada Coffee dalam mengolah biji kopi menggunakan standar internasional bersertifikasi, sehingga rasa dan kualitasnya tak kalah dengan kopi impor. Tak hanya kopi, juga ada tenant lain yang bisa ditemukan, seperti aneka cokelat, keju, snack, dan makanan lainnya yang sayang untuk dilewatkan.


Selalu konsisten dengan desain boothnya yang unik, tahun ini pameran mengusung desain wilayah atau daerah yang ada di Indonesia. Mulai aneka dekorasi khas Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, dan lainnya. Pengunjung juga bisa mengikuti berbagai aktivitas seru, mulai dari cooking class dan lempar cincin. Selain itu, pameran juga diramaikan hiburan atau permainan khas pasar malam. Di area permainan, pengunjung dapat menikmati 10 wahana seru, mulai dari bianglala, kora-kora, ontang anting, carousel, ombak banyu, kincir mini, kereta, istana balon, bola air, hingga bermain perahu. Untuk bisa menjajal permainan itu, dikenakan biaya mulai dari Rp 25.000,- hingga Rp 30.000,- untuk sekali permainan.


Pengunjung KTD dan WCE tahun ini, juga akan dihibur dengan beragam hiburan menarik. Mulai dari penampilan musik tradisional dan penampilan band yang berlangsung setiap hari. Tidak ketinggalan hiburan musik dari beberapa artis, seperti Adera di tanggal 12 Agustus 2023 dan juga Nidji pada tanggal 18 Agustus 2023.


Jam operasional:

Senin hingga Kamis: 16.00-22.00 WIB

Jumat: 16.00-23.00 WIB

Sabtu & Hari Libur: 11.00-23.00 WIB

Minggu: 11.00-22.00 WIB



bottom of page