top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Jelajah Kulineran Seru & Asyik di Bandung

Indonesia memang dikenal kaya akan budaya sekaligus kulinernya yang begitu beragam. Berbagai daerah di Indonesia pun punya ciri khas dan keunikan kulinernya sendiri. Begitu pun dengan wilayah Bandung yang menjadi Ibu Kota Provinsi Jawa Barat. Kotaya yang dikenal dengan ikon Gedung Sate itu terbukti memiliki deretan kuliner yang begitu beragam, selalu viral, dan pastinya disukai oleh banyak orang. Berikut ini, deretan kulineran seru dan asyik dengan pilihan menu spesial yang bisa ditemukan di Kota Bandung.



Warung Nasi Ibu Imas

Warung Nasi Ibu Imas, cocok dijadikan pilihan bagi mereka yang ingin menikmati nasi dengan aneka lauk, lalapan, serta sambal pedas menggugah selera. Ayam Bakar jadi salah satu pilihan lauk favorit. Selain itu, juga ada Empal Gepuk, Iso, Babat, Paru, aneka pepes, dan lainnya. Penyuka pedas, akan dimanjakan dengan dua pilihan sambal yang ditawarkan secara sepuasnya. Sambalnya ada Sambal Karedok Leunca dan Sambal Dadak. Saat makan, jangan lupa pesan juga Jukut Goreng (selada air) yang garing renyah sebagai teman makan nasi.


Bakso Tulang Iga Sanguan

Di Bandung ada banyak pilihan bakso yang menarik untuk dicicipi. Yang saat ini sedang viral dan ramai dikunjungi, ada Bakso Tulang Iga Sanguan. Sesuai dengan namanya, bakso di tempat ini dipadukan dengan sangu alias nasi. Jadi datang ke tempat ini, pengunjung yang biasanya memesan bakso dengan tambahan mi, di sini bisa memadukan bakso dengan nasi putih. Olahan baksonya sendiri kenyal dan bercitarasa gurih yang berasal dari penggunaan daging serta kuah kaldunya. Tak ketinggalan, potongan iga sapi turut meramaikan seporsi bakso di sini. Untuk pilihan bakso favorit di sini antara lain Bakso Tulang Iga, Bakso Tetelan, dan Bakso Kaki Sapi.


Bakso Mak Merot

Ingin menemukan bakso yang memadukan bakso dengan nasi dan iga, bisa juga menjadikan Bakso Mak Merot sebagai pilihan. Di tempat ini menyediakan aneka pilihan bakso berbeda dengan ukuran yang bervariasi. Bagi yang memesan bakso lengkap dengan iga, maka akan mendapatkan iga sapi yang melimpah dan empuk. Selain bakso, jangan lewatkan juga untuk memesan iga bakar yang dimasak dengan bumbu rempah, sehingga memiliki citarasa yang begitu lezat.


Iga Bakar Si Jangkung

Setelah puas menikmati bakso yang disandingkan dengan nasi dan iga, maka bisa menjajal olahan iga spesial di Iga Bakar Si Jangkung. Sesuai nama tenantnya, maka aneka olahan iga lah yang menjadi menu utama di sini. Jadi, setiap tamu yang datang sudah pasti dimanjakan dengan ragam olahan iga yang begitu menggugah selera. Sudah pasti menu Iga Bakar jadi favoritnya. Iganya sendiri empuk dengan sensasi bumbu yang medok dan merasuk sempurna ke dalam dagingnya. Selain ada olahan Iga Bakar, menu Tongseng, Tengkleng, Sate, hingga Krengsengan juga bisa dijadikan alternatif pilihan lainnya.



Mie Lezat Gang Luna

Bandung juga punya olahan mi ayam yang khas dan menggugah selera. Salah satu yang begitu legend dan banyak disukai masyarakat, ada olahan mi lembut bercitarasa gurih ala Mie Lezat Gang Luna. Di sini, pengunjung bisa menyantap olahan mi ayam khas Bandung dengan pilihan mi asin atau mi manis (yamien). Olahan mi itu pun dipadukan dengan beragam topping, baik itu ayam rica, ayam ori, pangsit, bakso, bakso goreng, hingga bakso tahu. Lembut dan halusnya mi nya pun berpadu sempurna dengan olahan ayam dan penyerta yang dihadirkan.



Soto Bandung M. Tarya

Bagi yang ingin menyantap olahan soto bening dengan citarasa gurih nikmat, bisa menjadikan Soto Bandung M. Tarya sebagai pilihannya. Soto Bandung M. Tarya sendiri pertama kali berdiri sejak tahun 1955 dan menjadi salah satu tempat nyoto legendaris di Kotra Bandung. Olahan soto di sini menghadirkan citarasa yang gurih nikmat, lengkap dengan kuah mengepul hangat. Potongan daging sapinya pun begitu melimpah, yang dipadukan dengan potongan lobak hingga kedelai goreng. Saat menyantap soto, jangan lupa juga untuk memesan Iso Goreng atau Babat Goreng yang tersaji nikmat dengan bumbu yang medok bercitarasa manis gurih.



Soto Bandung Pak Simon

Selain ada Soto M tarya yang begitu melengenda, juga ada altenatif soto bandung lainnya yang sedang viral. Namanya Soto Bandung Pak Simon. Tempat makan yang hanya buka saat malam hari ini, memang sukses menyedot minat masyarakat luas. Hal itu terlihat dengan banyaknya pelanggan yang rela antri untuk bisa menjajal seporsi soto hangat ini. Soto Bandung ala Pak Simon ini, memiliki porsi yang cukup besar yang berisikan potongan daging sapi, babat, ataupun iso, lobak, kacang kedelai, hingga seledri.



Bolu Bakar Tunggal

Selain menyediakan aneka pilihan oleh-oleh khas Jawa Barat, di tempat ini juga menjual olahan roti khas Bandung yang bernama Bolu Bakar Tunggal. Rotinya berupa roti lembut yang diisi krim tebal kemudian diberi tambahan lain seperti cokelat, keju, atau aneka isian lainnya. Tak hanya bisa memesan isian bercitarasa manis, Bolu Bakar Tunggal ini juga menyediakan pilihan asin. Dua-duanya memiliki sensasi rasa yang menarik untuk dijadikan pilihan.


Roti Gempol

Kalau di tempat ini, kita bisa menemukan produk roti khas dan jadul punya. Berdiri sejak tahun 1958, pengunjung yang datang ke sini bisa menemukan pilihan roti yang cukup bervariasi. Mulai dari roti dengan isian manis seperti cokelat, susu, selai strawberry, selai nanas, srikaya, hingga keju. Sedangkan bagi yang ingin memesan roti asin, juga bisa memesan dengan isian yang juga sangat banyak. Selain menyediakan roti dengan isian, Roti Gempol juga menyediakan roti tawar dengan pilihan original, susu, ataupun gandum. Semua rotinya merupakan produksi sendiri dan pengunjung bisa menyaksikan proses panggang ataupun pembuatan rotinya itu.



Roti Bakar Panjo

Roti Bakar Panjo menawarkan roti bakar khas Bandung dan begitu disukai oleh masyarakat luas. Hal itu terbukti dengan banyaknya jumlah outlet yang ada. Roti bakar ala Panjo ini memiliki tekstur roti yang lembut dengan isian yang cukup melimpah. Varian rasa yang ditawarkan pun juga banyak. tak hanya itu saja, harganya pun cukup terjangkau.



Batagor Hanjuang

Datang ke Bandung, tak akan lengkap rasanya jika belum mencicipi olahan batagornya. Paduan dari bakso dan tahu yang digoreng itu memang banyak dijumpai di Bandung. Mulai dari pedagang kaki lima yang menggunakan gerobak, warungan, hingga restoran. Batagor Hanjuang, menjadi salah satu batagor yang tak pernah sepi pengunjung. Berkonsep gerobak kaki lima, batagor di sini menyuguhkan sensasi gurih renyah yang disempurnakan dengan bumbu kacang yang begitu melimpah.


Comentarios


bottom of page