• Maria Yuliana Kusrini

Jelajah Semarang di Moment HUT Ke-14 Himpunan Anak Media (HAM) Jakarta

Himpunan Anak Media (HAM) Jakarta merayakan hari jadinya yang ke-14 pada tanggal 23 November 2021 lalu. Di moment spesial itu, diadakanlah trip bersama yang mengambil lokasi di Semarang, Jawa Tengah. Beberapa perwakilan media pun diajak turut bergabung di trip yang berlangsung antara 22-24 November 2021 itu.



Setidaknya ada sekitar 26 orang dari beberapa media di Jakarta mengikuti trip ini. Sebelum melakukan perjalanan, setiap peserta diwajibkan untuk melakukan tes swab antigen yang disponsori oleh Naraya Medical Center. Setelah dinyatakan aman dan hasilnya negatif, maka peserta diizinkan untuk berangkat dan mengikuti trip HUT HAM Jakarta ke-14. Hotel Dafam Express Jaksa di kawasan Jakarta Pusat dijadikan lokasi titik kumpul untuk setiap peserta. Rombongan pun berangkat ke Semarang menggunakan bis White Horse yang nyaman.


Perjalanan Jakarta menuju Semarang melalui jalur darat memang terasa begitu menyenangkan. Apalagi kini dengan adanya tol, maka jarak tempuh pun menjadi lebih cepat dan tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Rombongan pun diajak makan siang dengan menu berupa paket nasi dan ayam persembahan dari McDonald's Indonesia. Sore harinya, rombongan tiba di Kota Semarang dan langsung menuju ke Hotel Artotel Gajahmada Semarang. Di tempat inilah rombongan menginap dan mengadakan acara di hari pertama.


Sembari check in dan pembagian kamar, rombongan bisa menikmati welcome drink sekaligus snack yang telah disediakan. Malam harinya, diadakanlah acara makan malam spesial yang dilangsungkan di rooftop Artotel yang bernama 11-12 Rooftop Bar. Di sini peserta atau rombongan dijamu dengan berbagai hidangan spesial dari Artotel Semarang yang dihadirkan dengan konsep barbeque.


Hidangannya cukup bervariasi dan tampak menarik untuk dicicipi. Mulai dari Smoked Ribs with 5 Herbs, Lamb Shank, Wooden Roast Picanha, Aromatic Roasted Duck, Chicken Garlic, Creme Brulee, Sop Iga, dan hingga berbagai menu sekaligus dessert lainnya. Setiap orang bisa menikmati berbagai menu itu sambil ditemani dengan hiburan live music. Acara malam itu pun berlangsung dengan meriah dan menyenangkan.


Keesokan paginya, rombongan bisa menikmati sarapan di Fat Elephant Restaurant dengan berbagai menu yang disajikan secara buffet. Perjalanan pun berlanjut ke Hotel Rooms Inc yang lokasinya tak jauh dari ikon Kota Semarang, yakni Lawang Sewu. Di sini, rombongan diajak tur melihat fasilitas hotel sekaligus menikmati aneka camilan di sini. Tur hari kedua pun bersambung ke Candi Gedongsongo yang pada kesempatan itu sedang diselenggarakan sebuah festival bernama Festival Gedongsongo. Pada moment itu dilakukan ritual doa di area komplek candi, persembahan gunungan yang berisikan hasil bumi seperti buah dan sayur, hingga berbagai hiburan seperti tari-tarian dari masyarakat setempat.



Usai menikmati keindahan dan sejuknya Candi Gedongsongo yang ada di area Bandungan, rombongan pun langsung diajak ke Kampoeng Kopi Banaran. Berlokasi di Bawen, Kabupaten Semarang, Kampoeng Kopi Banaran ini jadi lokasi menginap sekaligus tempat pelaksanaan acara puncak perayaan HUT HAM ke-14. Masuk ke kawasan Kampoeng Kopi Banaran yang luasnya hampir 40 hektar, rombongan langsung diajak ke salah satu restorannya yang bernama Sky View. Tempat ini memiliki pemandangan yang begitu indah dan udara yang begitu sejuk. Rombongan pun makan siang dengan aneka hidangan yang telah dipersiapkan dengan konsep buffet.


Kenyang dan puas menikmati pemandangan dari Sky View, rombongan diajak berkeliling kebun kopi Banaran dengan menggunakan jip dan mobil wisata. Perjalanan ini nyaris menyerupai off road, karena jalurnya yang agak terjal, menanjak, dan masih tanah berbatu. Efek hujan menjadikan jalur yang dilewati menjadi lebih licin dan beberapa mobil wisata sempat kesulitan di jalan menanjak, sehingga perlu ditarik oleh mobil jip. Seluruh rombongan terlihat begitu senang dan menikmati perjalanan yang berlangsung sekitar 1,5-2 jam ini.


Setelah pembagian kamar (dengan pilihan Glamping dan kamar), rombongan pun boleh beristirahat sambil persiapan untuk ke acara malam puncak HUT HAM. Efek hujan yang turun di malam itu, acara yang harusnya berlokasi di area BBQ Camp pun terpaksa dipindahkan ke Sky View. Acara puncak itu pun turut dihadiri Bondan Maruto Hening selaku Ketua DPRD Kabupaten Semarang, Bupati Kabupaten Semarang yakni Ngesti Nugraha, Dewi Pramuningsih sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, dan juga Frina selaku General Manager Kampoeng Kopi Banaran. Acara ramah tamah dan makan malam itu berlangsung seru dan meriah. Tak lupa potong tumpeng menjadi seremonial yang tak boleh untuk dilewatkan.

Malam puncak pun semakin istimewa, karena didukung oleh banyak sponsor yang memberikan banyak hadiah untuk seluruh peserta. Mulai dari Kampoeng Kopi Banaran, Artotel Group, TTC Indonesia, Vicenza, Indofood, McDonald's Indonesia, Serena, Paxel, Cotta Coffee, B-Clinic, Dermaster, Moayu, Zap, Celebrity Fitness, Lois, Ardiles, BebazzinAja, Alleira, Teh 63, Ramah Bumi, El-Asador, serta sejumlah hotel yang turut memberikan hadiah berupa voucher menginap.


Bagi peserta yang mendapatkan Glamping sebagai tempat menginapnya, akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang begitu indah. Hamaparan Rawa Pening dengan latar gunung yang kokoh berwarna kebiruan terlihat sangat mempesona. Udara juga terasa begitu sejuk dan bersih. Setelah sarapan dengan sajian unggulan di Sky View, rombongan pun meninggalkan Kampoeng Kopi Banaran dan menuju Kota Semarang.


Area pertama yang dikunjungi di hari terakhir itu adalah Naraya Medical Center yang berlokasi di pusat kota Semarang. Seluruh rombongan pun kembali dites swab Antigen sebelum kembali ke Jakarta. Perjalanan pun berlanjut ke Awwan Hotel yang lokasinya ada di dekat Lawang Sewu. Di tempat ini, rombongan diajak tur hotel dan bersantap makan siang di restorannya. Perjalanan pun ditutup dengan mengunjungi toko oleh-oleh khas Semarang. Rombongan pun kembali ke Jakarta menggunakan bis White Horse dan tak lupa setiap orang mendapatkan paket nasi, ayam, dan teh kemasan persembahan McDonald's Indonesia. Selamat Ulang Tahun yang ke-14 HAM Jakarta!