top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Kama Cuisine & Libations Suguhkan Menu Pan-Asian di Senopati, Jakarta

Kawasan Senopati, Jakarta Selatan memang dikenal sebagai destinasi hang out dan kuliner yang seru untuk dikunjungi. Melintas di sana, akan terlihat banyak pilihan cafe maupun restoran yang dikemas dengan konsep menarik. Belum lama ini, tepatnya sejak Agustus 2023 hadir sebuah tempat makan baru yang bernama Kama Cuisine & Libations. Pengunjung yang datang ke sini akan dimanjakan dengan menu bercitarasa Pan-Asian serta pilihan mocktail ataupun cocktail.



Kama Cuisine & Libations awalnya digagas oleh pasangan suami istri, Feisal Hamka dan Noi Aswari, beserta partner mereka di perusahaan bernama 'Raya'. Diungkapkan oleh keduanya jika pasangan suami dan istri itu senang berkuliner hingga ke luar negeri. Karena kecintaannya yang mendalam pada kuliner, maka keduanya pun sepakat untuk dapat menghadirkan sajian yang istimewa untuk semua orang. “Saya dan suami adalah penjelajah yang kerap berkeliling dunia demi mencari pengalaman kuliner yang berkesan. Kama adalah rumah kedua bagi kami, tempat di mana kami dapat menjamu serta menghadirkan pengalaman kuliner terbaik bagi teman dan juga keluarga. Kecintaan kami akan kuliner menawan dan moment berkesan saat berkumpul terwujud dalam satu harmoni di Kama,” terang wanita cantik yang biasa disapa Noi.


Untuk pemilihan nama restorannya sendiri berasal dari bahasa Sansekerta. Kama memiliki makna sebagai 'keinginan, cinta, atau kesenangan'. Dipilihnya nama 'Kama' itu diharapkan dapat memberikan nyawa atas esensi dalam hal perjalanan hidup sehari-hari, makan, serta perayaan. Untuk logo Kama diwujudkan dalam rupa bilah-bilah kayu yang disusun sedemikian rupa sehingga menggambarkan hubungan restoran ini dengan alam, arang, pegunungan, dan gunung berapi. Hal ini bermaksud untuk menunjukkan kekayaan serta keragaman masakan serta citarasa unggul yang bisa pengunjung temukan di Kama.


Urusan hidangan yang ditawarkan, Kama memang berfokus pada menu Pan-Asian dengan citarasa bumbu dan rempah yang medok. Ragam hidangannya dititikberatkan pada teknik memasak dengan menggunakan pemanggang berbahan bakar kayu. Dimana untuk pemilihan kayunya berupa kayu buah rambutan, sehingga akan memunculkan aroma smokey yang aromatik dan menggugah selera. Seluruh menu yang ditawarkan di sini, dibuat langsung oleh Marsya Prihatin dan tim dapurnya. Marsya merupakan chef juga sekaligus pemilik dari Kama, jebolan dari jurusan Culinary Arts, Torrens University – William Blue College di Surry Hills, Australia.



Banyak pilihan menu spesial yang ditawarkan di Kama. Untuk camilan atau sajian pembuka, bisa memesan olahan scallop yang bercitarasa gurih sedap. Menu itu bernama Otoro & Scallop Tartare yang dipadukan dengan whipped egg sauce, smoked ikura, dan chicken skin crisps. Selain itu, juga ada olahan kentang renyah yang unik dan menarik untuk dijajal juga. Kreasi menu itu bernama Crispy Confit Potato yang dikolaborasi dengan saus telur asin, potongan daun kucai, dan diberi topping bafun uni. Tak hanya itu saja, juga ada beragam pilihan menu pembuka lainnya.


Beralih ke hidangan utamanya, Kama memiliki olahan daging sapi yang lembut dengan citarasa gurih lezat beraroma smokey. Menu itu adalah Twice-cooked Short Ribs yang dipadukan dengan burnt honey, yoghurt kemangi, serta salad tomat panggang.

grilled tomato salad. Untuk penyuka olahan udang, bisa menjajal sajian Charred King Prawn Garlic Kombu Butter yang menghadirkan sensasi rasa gurih dan sedikit manis di lidah. Dua sajian utama itu pun makan sedap saat disantap dengan olahan nasi bernama Seaweed Rice dan sayur bernama Crispy Brussel Sprout.


Ragam hidangan istimewa itu pun makin sempura jika ditutup dengan sajian manis bernama Dates Dough Roll. Menu ini berupa adonan donat renyah yang dipadukan dengan butterscotch, chantilly, dan almond crumbs. Untuk minuman pendampingnya, ada deretan mocktail dan cocktail artisanal kreasi para mixologist yang ditawarkan. Coba saja cicipi Lemon Drop, Truffle Negroni, Jasmine Highball, Dolce Spritz, dan masih banyak lainnya.



Kama Cuisine & Libations menawarkan desain interior restoran yang menarik dan nyaman. Desain interior Kama merupakan kreasi Gondo & Jules, sebuah firma desain asal Jakarta. Desainnya memaksimalkan pencahayaan yang hangat berpadu dengan warna-warna api seperti biru dan merah. Perpaduan elemen desain ini menciptakan suasana modern yang menempati bangunan dua lantai. Untuk lantai satu lebih berkonsep restoran yang memiliki kapasitas 57 tempat duduk. Sedangkan lantai dua lebih sebagai bar yang berkapasitas hingga 59 tamu. Di bar bergaya santai ini, pengunjung bisa menikmati aneka minuman.


Untuk jam operasional restoran, antara jam 18.00 - 22.00 WIB di hari Selasa hingga Minggu. Sedangkan jam operasional barnya di jam 17.30 - 23.00 WIB setiap hari Selasa, Kamis, dan Minggu. Untuk hari Rabu buka jam 17.30 - 24.00 WIB. Sedangkan hari Jumat dan Sabtu di jam 17.30 - 01.00 WIB.



Kama Cuisine & Libations by Raya

Jl. Suryo No. 23, Senopati, Jakarta Selatan

081211006708

Comments


bottom of page