• Maria Yuliana Kusrini

Kentjana di Kawasan Pecinan Bogor

Sudah berdiri sejak tahun 1980, Restoran Kentjana menawarkan sajian berkonsep Chinese. Awal berdiri, Kentjana hanya menjual mi ayam, bakso, dan kwetiau saja. Namun seiring berjalannya waktu, Kenjana pun menyediakan hidangan yang lebih bervariatif bercitarasa Chinese.


Menempati lokasi di kawasan Kampung Pecinan di Jalan Surya Kencana, Kentjana didominasi dengan interior jadul. Salah satunya terlihat pada aneka koleksi foto-foto Bogor Tempoe Doeloe yang disusun rapi dan ditempel di dinding restoran.

Untuk makanannya, Mie Ayam Kentjana jadi salah satu menu unggulan di tempat ini. Mi yang digunakan dibuat sendiri alias homemade, tanpa menggunakan campuran air abu. Mi-nya pun dibuat setiap hari hingga terasa fresh. Mi itu disajikan bersama dengan daging ayam kampung yang dibumbui manis serta kuah kaldu ayam kampung asli yang dicampur dengan kaldu tulang sapi. Citarasa dari seporsi mi ini terasa begitu istimewa, apalagi mi nya bertekstur lembut dan kenyal.

Selain menyediakan mi ayam, Kentjana juga punya sajian Bakso yang tak kalah nikmat. Sama seperti mi-nya, bakso juga diolah dengan resep turun-temurun dengan bahan berkualitas serta bumbu melimpah. Untuk bakso daging sapinya, tersedia dua pilihan, yakni bakso halus dan bakso urat. Baksonya bertekstur kenyal, aromanya tidak amis, dan rasanya gurih lezat. Penyuka bakso ikan juga bisa menemukannya di Kentjana.

Nasi Tim Ayam ala Kentjana juga menarik untuk dicoba lho! Memadukan citarasa gurih asin yang pas, nasi tim ini terdiri dari nasi putih yang telah dibumbui dengan campuran garam dan kecap asin kemudian diletakkan menutup seluruh badan ayam dan ditim selama lebih dari 1 jam. Penggunaan ayam kampung otmatis menjadikan nasi tim ini terasa makin istimewa dan terasa sangat gurih.

Kenjana juga menyediakan makanan khas Bogor yang seru untuk dijadikan camilan. Menu itu bernama Tawge Goreng kentjana yang ternyata juga jadi favorit pelanggan Kentjana. Menu ini menjadikan taoge sebagai bahan utamanya yang direbus dengan tingkat kematangan yang pas. Taoge rebus itu pun dipadukan dengan potongan tahu lalu diguyur dengan saus spesial yang terbuat dari tomat segar dan gula merah.

Kentjana

Jl. Surya Kencana No. 143, Bogor

0251 – 8330698



© 2019 yukmakan channel