• Maria Yuliana Kusrini

Khasiat Positif Air Kelapa Bagi Tubuh di Masa Pandemi

Kasus corona di Indonesia memang semakin tinggi dan banyak memakan korban. Peningkatannya yang begitu tajam, tentunya membuat siapa pun semakin khawatir. Pemerintah pun kini memberlakukan pembatasan mobilitas dan aktivitas bernama PPKM Darurat untuk wilayah Jawa dan Bali. Meningkatkan kasus corona ini pun membuat setiap orang untuk lebih memperhatikan kesehatan tubuhnya dan menjaga imunitasnya.



Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk menjaga imunitasnya. Salah satunya dengan mengonsumsi air kelapa yang memang terbukti memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Bahkan beberapa minggu belakangan ini, permintaan kelapa muda mengalami peningkatan karena dianggap mampu mencegah dampak buruk akibat infeksi Covid-19 dan sekaligus mampu membantu pemulihan bagi yang positif Covid-19.


Terkait dengan fenomena air kelapa yang dianggap sebagai obat untuk membantu pemulihan pasien Covid-19, sebenarnya belum ada bukti ilmiah mengenai hal itu. Akan tetapi, air kelapa memang bisa meningkatkan imunitas bila dilihat dari kandungan yang dimiliki. Air kelapa memiliki kandungan karbohidrat, protein, Vitamin C yang mengurangi peroksidasi lipid, serta kandungan asam amino bebas, L-arginine yang dapat meerangi radikal bebas. Air kelapa juga mengandung unsur mikro berupa mineral yang dibutuhkan tubuh, di antaranya Kalium, Natrium, Kalsium, Magnesium, Zat Besi, Fosfor, dan Sulfur. Air kelapa juga memiliki sifat antiinflamasi, memiliki efek cardioprotective pada myocardial infarction karena kaya akan ion mineral, terutama potassium.


“Hingga kini belum ada bukti ilmiah bahwa air kelapa berfungsi sebagai obat Covid-19. Jadi jika ada pasien Covid-19 yang merasa lebih baik ketika mengonsumsi air kelapa, sebenarnya itu sesuatu yang bersifat subjektif dan harus dilihat secara komprehensif. Terlepas dari berbagai banyaknya kandungan baik dari air kelapa itu sendiri, kemungkinan juga itu dapat memberikan sugesti positif bagi orang yang mengonsumsinya. Semua yang sifatnya sugesti positif terhadap tubuh, bisa membawa dampak yang baik juga. Jadi kuncinya adalah menjaga kesehatan secara fisik dan juga menjaga keseimbangan pikiran,“ terang dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK selaku dokter spesialis Gizi Klinis.


Begitu banyaknya kandungan baik dari air kelapa bagi kesehatan fisik tubuh kita. Sehingga kita bisa memanfaatkannya asalkan dikonsumsi secara wajar dan tepat. Tetapi perlu diingat lagi, jika tidak ada satu jenis makanan pun yang lebih unggul daripada makanan lainnya. Sehingga ketika mengonsumsi makanan atau minuman, harus kita sesuaikan dengan kebutuhan tubuh masing-masing. Air kelapa memang bisa dijadikan alternatif, tetapi juga bisa mencari alternatif lainnya. Kebiasaan mengonsumsi air kelapa memang baik dan boleh-boleh saja, asalkan tetap menjaga variasi makanan sehingga nutrisi pada tubuh pun seimbang.