• Maria Yuliana Kusrini

Kisah Perjalanan 20 Tahun Dapur Cokelat Dalam Buku ‘Dapur Cokelat Bercerita’

Pecinta cokelat tentu sudah tak asing lagi dengan nama Dapur Cokelat. Tak disangka, gerai cokelat yang digawangi oleh Ermey Trisniarty ini, telah menginjak usia yang ke-20 tahun. Tentu bukan sebuah perjalanan yang singkat dan pastinya banyak kisah menarik yang terjadi selama 20 tahun itu. Berbarengan dengan perayaan 20 tahun berkarya dalam industri pattiserie di tanah air, sang owner pun meluncurkan buku Berjudul ‘Dapur Cokelat Bercerita’.



Buku ‘Dapur Cokelat Bercerita’ ini ditulis oleh penulis Asteria Elanda. Di dalamnya diceritakan mengenai perjalanan awal Dapur Cokelat hingga akhirnya bisa sukses menjadi toko kue cokelat yang besar dan berkembang seperti saat ini. Kisah manis dan pahitnya perjalanan dan perjuangan Dapur Cokelat dari nol sampai sekarang ini dikisahkan dengan lengkap di dalamnya. Tak hanya menarik untuk dibaca, buku ini pun bisa menjadi sebuah inspirasi tersendiri untuk bisa mengikuti jejak perjalanan sukses dari sang owner Dapur Cokelat. Sehingga bagi siapa pun yang membacanya, diharapkan untuk berani bermimpi serta meraihnya.


Sedari kecil, Ermey memang sangat menggemari cokelat. Bahkan setiap hari, ia pasti makan cokelat. Saat ditanya mengenai cokelat kesukaannya, Cokelat Ayam Jago dan Wafer Cokelat Superman yang jadi favoritnya kala itu. Kesukaannya pada cokelat itulah yang pada akhirnya membawa Ermey untuk memantapkan diri mengambil pendidikan yang sesuai dengan keinginannya itu. Hingga akhirnya pada tahun 2001, Ermey memberanikan diri untuk membuka toko cokelat dengan peralatan terbatas. Karena kerja keras dan konsisten yang dimiliki, tokonya pun berkembang dan memiliki dapur produksi yang modern dan besar. Saat ini Dapur Cokelat memiliki 29 outlet dan 26 delivery points di seluruh Indonesia.


“Untuk bisa mencapai semua ini, kita harus punya konsep yang jelas dan fokus pada apa yang kita minati. Miliki mimpi, pelajari ilmunya, bekerja keras, serta selalu cari peluang untuk mewujudkannya. Kita pun harus percaya pada kemampuan diri sendiri. Apabila jatuh, harus berani bangkit, terus mencoba, dan fokus di situ,” Ungkap Ermey Trisniarty saat ditanya apa tips sukses dirinya.


Buku berformat hard cover ini dihadirkan dengan 10 bab yang dilengkapi dengan 9 resep spesial Dapur Cokelat yang sudah sangat dikenal masyarakat. Buku “Dapur Cokelat Bercerita” dicetak oleh PT Gramedia Jakarta dengan cetakan pertama di bulan Juni 2021. Buku ini pun bisa dibeli di semua outlet Dapur Cokelat dan toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.