top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Kisarasa Season 3, Petualangan Chef Juna & Chef Renatta Dimulai di Morotai 

Chef Juna dan Chef Renatta membagikan petualangan kulinernya melalui sebuah program bernama Kisarasa (Kenali Kisah di Balik Rasa). Sukses dengan beberapa sesi, kali ini pun Kisarasa memasuki sesinya yang ketiga. Kisarasa Jilid Tiga ini terdiri dari 8 episode yang berdurasi selama 30 menit. Serial dokumenter ini kini telah hadir di YouTube Kisarasa dengan episode pertamanya yang berjudul “Siput Popaco & Sayur Lilin, Kekayaan Boga Asli Morotai”.

 


Hadirnya serial dokumenter Kisarasa ini berawal dari kecintaan terhadap kuliner Nusantara di Tanah Air. Chef Juna dan Chef Renatta pun didapuk sebagai pembawa acara untuk mengeksplorasi kuliner terbaik dan khas di seluruh wilayah Indonesia, baik itu wilayah Barat, Tengah, maupun Timur. Setelah kedua chef ternama itu berkelana menjelajah ragam kuliner khas Betawi, Sunda, dan Yogyakarta, keduanya pun melanjutkan perjalanannya ke wilayah Timur. Wilayah Morotai pun dijadikan sebagai lokasi untuk dieksplorasi. Wilayah Morotai sendiri dikenal memiliki ragam kuliner yang beragam dan menarik untuk dijajal.

 

Dari sekian banyak pilihan kuliner yang ada di Morotai, Chef Juna dan Chef Renatta menjajal 2 olahan khas setempat. Kedua hidangan itu berupa Siput Popaco dan Sayur Lilin. Siput Popaco atau Telescope Snail, merupakan jenis siput dengan bentuk cangkangnya agak runcing. Siput ini biasanya ditemui pada habitat air payau atau hutan mangrove. Sedangkan untuk Sayur Lilin memiliki bentuk mirip tebu dengan rasa manis pada bakal bunganya. Kedua makanan itu biasanya dimasak dengan bumbu rica, lalu diberi tambahan santan. Saat disantap sensasi rasanya menjadi terasa lebih gurih.

 


“Kisarasa berangkat dari rasa cinta kami akan kekayaan kuliner lokal dan ingin membawanya lebih Berjaya di Indonesia hingga go international. Dua di antara kuliner lokal yang kami angkat, yakni Siput Popaco dan Sayur Lilin dari Morotai. Kenapa Morotai? Why Indonesia Timur? Itu karena kami ingin mengeksplorasi keindahan alam, budaya, dan jenis kuliner yang tentunya sangat berbeda dengan kuliner di pulau Jawa yang telah kami kunjungi sebelumnya,” ungkap Chef Juna.

 

Pada Kisarasa season tiga ini, Chef Juna dan Chef Renatta juga berkesempatan untuk mengunjungi Sentra Kelautan Perikanan Terpadu, yakni tempat pemasok ekspor ikan terbesar di Indonesia. “Kami senang bisa melihat ikan yang berlimpah di Morotai Selatan. Kami juga bisa menyaksikan secara langsung aktivitas para nelayan dan ikut serta memancing ikan tuna untuk jelajah kuliner kami selanjutnya. Yakni menilik sisi lain dari Gohu Tuna atau dikenal sebagai sashimi khas Maluku. Tonton kisahnya di episode kedua Kisarasa ya,” ujar Chef Renatta.

 

Selain Morotai, masih banyak destinasi-destinasi kuliner menarik lainnya yang akan dijelajahi. Mulai dari Ternate dengan Papeda Kuah Kuningnya, Bali dengan Kopi Bhinekka Djayanya, dan Surabaya dengan kuliner Nasi Campur Tambak Bayannya yang sudah beoperasi lebih dari 60 tahun

 

bottom of page