• Maria Yuliana Kusrini

Kreasi Hidangan Istimewa Chef I Wayan Kresna Yasa di Chef Take Over Series, 1928 Restaurant



Restoran bernama 1928 Restaurant yang menjadi bagian dari The Hermitage, a Tribute Portfolio Hotel, Jakarta kembali dengan ajang kuliner bulanannya yang bernama 'Chef Take Over Series'. Kali ini dihadirkan kreasi hidangan khas yang terinspirasi dari hidangan Bali ala chef kawakan, yakni Chef I Wayan Kresna Yasa.


Berlangsung pada 26 dan 27 Agustus 2022, Chef Wayan akan menghadirkan hidangan yang terinspirasi dari makanan khas Bali. Promo untuk makan malam ini pun akan dihidangkan berbagai hidangan istimewa yang beberapa di antaranya dibuat menggunakan resep turun temurun keluarga Chef Wayan. Di acara Chef Take Over Series di 1928 Restaurant, Chef Wayan akan menyajikan menu bernama Rujak Ikan yang terbuat dari ikan toro asap dingin, buah malaka, markisan, dan pomelo. Selain itu juga ada hidangan bernama Ledok berupa risotto kentang yang dipadukan dengan sotong, cured egg, keriping bawang putih, dan telur ikan salmon. Tak ketinggalan, juga ada olahan ikan kerapu yang disajikan dengan asparagus, tomat, kacang kara, dan kuah sune cekuh khas Bali. Paket makan malam ini pun ditawarkan dengan harga Rp 928.000,++ per orang.


Chef Wayan, merupakan pria asli Bali yang lahir dan besar di Nusa Penida. Sepanjang perjalanan karirnya, ia telah bekerja di sejumlah restoran di Amerika Serikat, termasuk restoran-restoran fine dining dan berbintang Michelin seperti Blue Hill di New York dan Acadia di Chicago. Sekitar satu dekade yang lalu, Chef Wayan kembali ke Bali dan membantu Will Goldfarb membuka restoran spesialis hidangan pencuci mulut, Room4Dessert, dan membawanya menyabet beragam penghargaan. Setelah tuntas dengan tugasnya di Room4Dessert, Chef Wayan bergabung dengan tim kuliner di Desa Potato Head.


Sempat menjabat sebagai Culinary Director di Desa Potato Head, Chef Wayan dan istrinya, Mary, membuka restoran sendiri bernama Home by Chef Wayan di Pererenan dan menyuguhkan beragam hidangan Bali favoritnya. Kecintaannya terhadap kuliner Bali mendorong Chef Wayan untuk meluncurkan buku Paon: Real Balinese Cooking, yang disebutnya sebagai “Buku masak berisikan resep masakan Bali asli.” Buku setebal 288 halaman itu berisikan lebih dari 80 makanan khas Bali beserta esainya lengkap dengan foto-foto cantik yang menggambarkan kehidupan masyarakat, budaya, serta makanannya dari berbagai wilayah di pulau Dewata.