top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Kuliner Legendaris Sumatera Utara, Enak Kali Bah! - Part 1

Setiap daerah di Indonesia memiliki kekayaan kuliner dan wisatanya yang unik dan legendaris. Tak terkecuali dengan Sumatera Utara yang punya segudang destinasi kuliner ciamik dan legend. Provinsi yang dikenal dengan ikon Danau Toba itu pun menyimpan banyak kreasi hidangan yang lezat dan begitu memanjakan lidah.


Media Kuliner Yukmakan pun berkesempatan untuk mendatangi sekaligus mencicipi ragam kuliner khas yang ada di wilayah Sumatera Utara itu. Berbarengan dengan tim kurasi dari Summarecon Mall Serpong (SMS), Yukmakan pun mendatangi dan mengkurasi beragam kuliner legendaris, lezat, dan nantinya akan dibawa ke Serpong, Tangerang. Para pelaku usaha kuliner itu akan ditawari dan diajak bergabung pada penyelenggaraan Festival Kuliner Serpong edisi Sumatera Utara pada bulan Agustus 2024 mendatang.


Perjalanan kuliner di Sumatera Utara diawali dari daerah Pematang Siantar, kemudian bersambung ke Balige, Tebing Tinggi, Medan, hingga Binjai. Setiap daerah itu memiliki pilihan kulinernya yang khas, enak, dan pastinya bercitarasa lezat. Baik itu yang ditemukan pada tempat makan berkonsep modern ataupun tradisional. Dan berikut ini beberapa tempat makan legendaris yang dikunjungi oleh Yukmakan dan tim kurasi SMS.


Bihun Kari Ayam Medan - Tabona

1. RM. Tabona

Datang ke tempat makan yang satu ini, pengunjung akan menemukan olahan bihun kari khas Medan sebagai menu unggulannya. Karinya ditawarkan dengan pilihan lauk berupa ayam kampung, daging sapi, telur, hingga kentang. Saat disantap, kuah karinya punya citarasa yang medok, kuat akan rempah, dan memunculkan sensasi rasa gurih di lidah. Padu padan antara sensasi kuah dengan isian di dalamnya terasa begitu sempurna dan dijamin akan bikin lidah bergetar. Olahan kari khas Medan yang sudah hadir sejak tahun 70-an ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 58.000,- per porsinya dan dijamin mengenyangkan. RM Tabona ini menempati lokasi di Jl. Mangkubumi No. 17, Medan Maimun, Medan.

2. Mie Pangsit Aon

Selain bihun kari, Sumatra Utara juga terkenal akan berbagai olahan mie bercitarasa khas dan enak. Mau cicipi mie pangsit khas Siantar yang legendaris, maka bisa mendatangi Mie Pangsit Aon. Berdiri sejak tahun 1967, Mie Pangsit Aon beralamat di kawasan Simalungun,



Pematang Siantar. Pecinta olahan mie pangsit akan disuguhi sensasi hidangan yang begitu kaya akan rasa. Tesktur mienya lembut tapi kenyal dengan tampilannya yang bersih dan berkilau. Ada beberapa jenis mie yang ditawarkan di sini, yakni mie biasa, mie kasar, bihun, kwetiau, hingga locupan atau miethaibak. Mie itu pun disandingkan dengan potongan ayam yang bercitarasa sedap di lidah. Tak ketinggalan, terdapat pangsit, potongan telur pindang, hingga daun bawang yang menemani. Untuk kuahnya yang gurih hangat, tersaji pada mangkok terpisah.


3. Mie Balap Mail

Pecinta olahan mie, juga wajib mampir ke Mie Balap Mail yang beralamat di Jl. Gunung Krakatau No. 105, Glugur Darat 1, Medan. Di sini, pengunjung akan menemukan para staff yang memasak olahan mie kuning basah ataupun kwetiau dalam wajan berukuran besar di bagian depan tempat makannya. Bahan utama kwetiau atau mie itu pun dimasak dengan bahan lain seperti taoge, telur, daun bawang atau kucai, serta aneka bumbu rempah.

Olahan menu ini berwarna kecoklatan yang berasal dari penggunaan kecap manis. Tak hanya tampilannya yang terlihat begitu menggoda, olahan Mie Balap Mail ini juga memiliki aroma yang harum. Tempat makan ini sangat ramai dan bisa dijadikan lokasi pilihan untuk sarapan.



4. Misop Pondok Haiti

Masih berbasis olahan mie, jangan lewatkan juga untuk menjajal olahan miesop yang sedang viral. Olahan menu ini memadukan mie kuah dengan olahan sop ayam. Tekstur kuahnya ringan dan bening layaknya kuah pada olahan sayur sop. Sajian ini didominasi dengan rasa gurih, serta aromatik yang berasal dari penggunaan lada serta bawang. Selain menjadikan mie, sebagai isiannya juga ada sayuran, bakso, daging ayam, sosis, telur, kerupuk, dan juga taburan bawang goreng. Pondok Haiti, salah satu restoran yang cukup legend dengan varian menu ala rumahan, pun menghidangkan pilihan menu miesop untuk bisa dinikmati oleh setiap pengunjung yang sedang berkunjung ke wilayah Sumatera Utara.


5. Soto Kesawan

Penikmat olahan soto pasti tidak akan mau melewatkan diri untuk menikmati olahan soto bercitarasa khas yang ada di Medan. Salah satunya ada tempat makan bernama Soto Kesawan yang berlokasi di Jl. Ahmad Yani, Kesawan, Medan. Di sini, pengunjung akan dimanjakan dengan olahan soto berkuah santan berempah nan aromatik. Masuk di suapan pertama, lidah akan menemukan paduan rasa gurih, asin, dan sedikit manis. Pas dan cocok untuk semua orang. Sotonya sendiri ada pilihan daging sapi ataupun ayam dengan isian yang terbilang melimpah. Soto Kesawan ini menjadi salah satu tempat makan legendaris yang wajib didatangi saat berkunjung ke Medan.



*) Perjalanan kuliner legendaris Yukmakan bersama tim kurasi SMS di Sumatera Utara ini masih bersambung ke Part 2 yaaa....

Comments


bottom of page