• Maria Yuliana Kusrini

Kulineran Thailand Memang Selalu Bikin kangen

Pandemi ini memang menjadikan banyak orang harus mengubur mimpi sekaligus berbagai rencana untuk bepergian ke luar negri. Mungkin jika dalam kondisi normal, maka akan ada banyak orang yang pergi liburan atau sekedar jalan-jalan sekaligus kulineran di suatu daerah atau negara tertentu. Membahas urusan liburan dan kuliner, Negara Thailand memang jadi salah satu negara yang wajib untuk didatangi.


Negara yang juga dikenal dengan sebutan Negeri Gajah Putih ini memang menawarkan deretan kuliner spektakuler yang memang susah untuk ditolak. Pesonanya sungguh luar biasa dengan balutan rasa yang memang lezat, harga terjangkau, dan memang memiliki tampilan yang sangat-sangat menggiurkan. Kulineran kaki lima alias street food di Thailand pun memang sudah terbukti jadi magnet bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke sana.


Hampir di setiap daerah (baik itu lingkup distrik ataupun provinsi) di Thailand memiliki pasar malam atau night market hingga floating market yang selalu disesaki oleh wisatawan ataupun masyarakat setempat. Di masing-masing lokasi itu sudah pasti juga ada deretan kuliner menarik dengan pilihan menu yang variatif. Pengunjung tinggal tunjuk mana yang disuka, membayarnya, kemudian menikmatinya sambil berjalan-jalan sembari menikmati kawasan setempat.


Kulineran menarik dan seru untuk dijajal itu mulai dari aneka pilihan buah segar, seperti jambu merah, jambu kristal, mangga, durian, nanas, semangka, srikaya, manggis, rambutan, dan masih banyak lainnya. Jangan lewatkan juga untuk mencicipi kulineran khas Thailand seperti Mango Sticky Rice, Pad Thai, Tom Yum, Mooping alias Sate Babi yang memiliki citarasa gurih manis, hingga aneka minuman dingin menyegarkan seperti Thai Tea, Coffee Tea, Katisod alias es segar yang disajikan dalam batok kelapa, dan masih banyak lainnya.


Ingin menjajal kulineran yang tak biasa alias ekstrem pun bisa ditemukan di Thailand. Ada beberapa pedagang yang menawarkan makanan yang menjadikan daging buaya sebagai bahan bakunya. Ada juga deretan serangga yang digoreng garing dan bisa dijajal oleh setiap wisatawan yang tertantang untuk mencoba. Misalnya kecoa, ulat sagu, kalajengking, jangkrik, dan lainnya.


Siapa sih yang bisa menolak kulineran seru dan mengesankan di Thailand seperti itu? Tentunya setelah pandemi ini berakhir atau setidaknya sudah lebih membaik, maka banyak orang bisa kembali mengunjungi Thailand dan merasakan kulineran seru di sana. #NantiKitaKeThailandLagi