top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Let's Create Your Luk Chup

Yukmakan dan Summarecon Serpong kembali mengadakan kegiatan seru bertajuk cooking class. Mengusung tema "Let's Create Your Luk Chup", kegiatan ini dilangsungkan di Show Unit Carson Commercial Summarecon Serpong, Tangerang. Acara itu diadakan pada Jumat, 21 Juni 2024 yang diramaikan sekitar 30 orang peserta. Cooking class ini pun terbagi menjadi dua sesi.



Luk Chup merupakan salah satu camilan atau jajanan bercitarasa manis asal Thailand. Menu bercitarasa manis ini tampilannya begitu menarik dan unik. Luk Chup umumnya dihadirkan dengan tampilan layaknya buah atau sayuran berbentuk mini dengan pilihan warna cerah. Camilan ini menjadikan kacang hijau sebagai bahan utamanya yang dipadukan dengan santan, gula pasir, kemudian dicelupkan dalam agar-agar.


Pada kesempatan cooking class ini seluruh peserta diajak seseruan dalam membuat Luk Chup. Setelah mendapatkan pengarahan singkat dari Chef Muin dari salah satu restoran Thailand di Kelapa Gading, Jakarta, peserta pun bisa mempraktekkan sendiri membuat luk chup. Proses pembuatannya tidaklah dari proses awal, tetapi hanya 'membentuk, mewarnai, dan mencelup'. Membentuk adonan kacang hijau menjadi bentuk sesuai kreativitas masing-masing peserta. Mulai dari bentuk buah manggis, mangga, pepaya, jeruk, alpukat, jambu air, cabai, dan masih banyak lainnya.



Setelah membentuk adonan sesuai yang diharapkan, kemudian berlanjut ke proses pewarnaan. Menggunakan pewarna khusus makanan, proses ini membuat tampilan luk chup menjadi lebih cantik. Dan untuk langkah terakhir, mencelup luk chup yang sudah berbentuk dan diwarnai ke dalam agar-agar panas. Proses mencelup ini menyempurnakan tampilan luk chup sehingga terlihat lebih berkilau dan padat. Usai membuat luk chup, setiap sesinya dipilihlah 2 peserta dengan kreasi luk chup terbaik. Peserta beruntung pun mendapatkan hadiah persembahan Yukmakan.




Comentarios


bottom of page