• Maria Yuliana Kusrini

Mamink Daeng Tata Sajikan Menu Khas Makassar

Mamink Daeng Tata yang berlokasi di bilangan Casablanca, Jakarta Selatan punya ruanganyang cukup luas dipenuhi dengan meja panjang dan banyak kursi. Sebuah pertanda jika tempat makan ini selalu diserbu pengunjung di jam-jam kelaparan. Tempat makan ini menyuguhkan ragam hidangan Khas Makassar yang khas dan sedap.



Membahas menu unggulan khas Makassar tentu tak jauh-jauh dari coto, konro, pallu basa, ikan bakar, es pisang ijo, dan es pallu butung. Mamink Daeng Tata ini punya menu soto khas Makassar bernama Coto Daeng Tata. Coto ini tersaji dalam mangkok kecil, yang terdiri dari potongan daging serta jerohan yang ditemani dengan taburan bawang goreng dan potongan daun bawang. Untuk kuahnya terlihat encer, terbuat dari kaldu dan campuran aneka bumbu.


Selain coto, pilihan berkuah dengan rempah melimpah lainnya adalah Pallubasa. Hidangan ini terlihat mirip dengan si coto, yang membedakan ialah kuahnya yang terlihat lebih gelap, tidak menggunakan taburan daun bawang, dan adanya tambahan telur ayam.


Datang ke Mamink Daeng Tata kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi konronya. Maka, sajian bernama Tata’ Ribs pun wajib untuk dipesan saat berkunjung ke sini. Sajian ini berupa iga (2 potong) yang telah dibumbui kemudian dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang. Sebagai pendampingnya ada kuah di mangkok terpisah serta potongan jeruk nipis. Bumbunya begitu merasuk ke dalam daging iganya.


Sebagai sajian penutupnya, jangan lewatkan untuk memesan Es Mamink ya. Es Mamink ini begitu istimewa karena menggabungkan es pisang ijo dan pallu butung dalam sebuah mangkok. Dalam semangkok Es Mamink ini menghadirkan citarasa manis, gurih, dan dingin yang begitu menyegarkan.

Mamink Daeng Tata

Jl. Casablanca No. 33, Jakarta Selatan

021 – 8315555

© 2019 yukmakan channel