top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Menimba Pengetahuan Kopi di Koffienation

Koffienation buka sejak Juni 2019 di kawasan Epiwalk, Kuningan, Jakarta Selatan. Di sini, pengunjung yang datang tidak hanya sekedar minum kopi, nongkrong, atau menikmati makanan yang tersedia saja. Namun lebih dari itu, Koffienation juga jadi tempat untuk menimba pengetahuan mengenai kopi, baik itu melalui kelas atau kursus untuk para pecinta kopi dan barista.

Bersama salah satu foundernya, Michael Darmawan yang akan membagikan pengetahuannya mengenai kopi. Mulai dari pengetahuan dasar kopi, cara yang benar untuk menikmati kopi, hingga proses penyajian kopi dengan berbagai metode. “Sekarang banyak orang menyeduh kopi sendiri di rumah. Nah di sini, siapa pun bisa menyewa mesin kami untuk dibuat latihan. Ke depannya kami juga ingin mengadakan workshop untuk memperkenalkan proses baru dengan hasil baru. Kami juga ingin meneliti hasil kopi yang kami buat dengan metode baru itu. Tujuannya tentu saja untuk lebih memperkaya dunia kopi ini,” tambah pria yang akrab disapa Michael itu.



Kelas atau kursus di Koffienation ini meliputi beberapa pilihan kelas berbeda. Sebut saja Fun Brew, Introducing to Coffee, Fundamental Barista Course, Fundamental to Manual Brewing Course, Coffee Roasting Course, Sensory Evaluation (Coffee Cupping) Course, Barista Course Package, dan Manual Brew Course Package. Setiap kelasnya hanya tersedia untuk kapasitas 8 orang dengan waktu pertemuan antara 1 -5 hari. Kursus ini pun dilengkapi dengan mesin kopi sesuai jumlah peserta, sehingga peserta dapat praktek langsung tanpa mengantri.


Koffienation menawarkan kopi yang berasal dari berbagai daerah. Baik itu kopi lokal maupun impor. Memegang prinsip ‘Life is too short for a bad coffee’ sehingga tempat ini benar-benar menyajikan kopi sesuai selera dan kebutuhan konsumen. Minuman kopi di sini freshly roasted, sehingga biji kopi mentah yang dimiliki dimasak dan diolah langsung di sini. Pilihan minumannya juga beragam seperti Espresso, Americano, Piccolo, Cappuccino, Latte, Flate White, dan masih banyak lainnya.


Koffie Catering juga menjadi konsentrasi dari Koffienation ini. Koffie Cart akan dibawa untuk membuat fresh roasted coffee pilihan panas dan dingin pada berbagai event yang akan dilangsungkan. Mulai dari gathering, meeting, seminar, pernikahan, ulang tahun, dan lainnya.


Koffienation

Epiwalk Mal Lt. Dasar Unit W 149, Komplek Taman Rasuna, Jl. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan

021 – 5854730

bottom of page