• Maria Yuliana Kusrini

Menyantap Sajian Tradisional Bercitarasa di Waroeng Djoglo

Waroeng Djoglo yang berlokasi di Wonosobo ini memiliki pemandangan yang demikian indah dan udara yang sejuk. Itu karena lokasinya yang ada di antara dua gunung, yakni Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Menyesuaikan namanya, tempat makan ini dihadirkan dengan konsep bangunan berbentuk joglo. Begitu pun dengan hidangannya yang juga berupa sajian khas tradisional Indonesia, khususnya masakan khas Jawa.



Variasi hidangan yang ditawarkan Waroeng Djoglo ini sangatlah banyak. Sebagai salah satu hidangan andalannya adalah Ayam Bakar. Olahan ayam ini menjadikan ayam kampung sebagai bahan utamanya yang dimasak dengan berbagai bumbu. Ayam ini punya tampilan yang cantik, berwarna kuning keemasan dengan sedikit jejak kehitaman karena efek dibakar. Ayamnya agak basah lengket karena bumbu yang menyertainya. Citarasa manis gurih langsung terasa di suapan pertama dengan daging yang empuk dan bumbu meresap sampai ke bagian dalam dagingnya. Dinikmati bersama dengan aneka lalapan dan sambal terasinya yang pedas aromatik akan terasa lebih spesial.



Olahan ikan juga tersedia di sini, salah satunya yang juga andalan adalah Gurame Asam Manis. Menu ini menjadikan fillet ikan gurame sebagai bahan utamanya. Potongan-potongan ikan gurame tanpa duri dibalut dengan tepung lalu digoreng hingga garing dan renyah. Kemudian dimasak bersama dengan saus asam manis, potongan wortel, timun, cabai hijau, dan cabai merah. Empuk dan lembutnya ikan gurame pun berpadu sempurna dengan saus asam manisnya.



Jangan lewatkan juga untuk mencicipi Sup Iga ala Waroeng Djoglo ya. Menu satu ini memang sangat cocok dipesan karena kondisi areanya yang sejuk cenderung dingin. Sop Iga berkuah panas ini tentunya mampu menghangatkan badan. Terlebih Sop Iga ini pun dimasak dengan berbagai bumbu rempah serta kuah yang melimpah. Potongan Iganya melimpah dengan daging empuk ditemani dengan berbagai sayuran seperti kentang, wortel, daun bawang, dan sledri. Penyuka rasa pedas, bisa menambahkan sambal hijau pada sop ini.


Jangan lupa juga untuk memesan camilan berupa gorengan ya. Salah satu yang paling rekomended adalah Tempe Mendoan atau di daerah ini lebih dikenal dengan sebutan Tempe Kemul. Menu satu ini merupakan salah satu menu khas wilayah Wonosobo. Berupa potongan tempe yang diselimuti dengan adonan tepung berbumbu bercampur dengan potongan kucai, kemudian digoreng. Tempe goreng berbalut tepung ala Waroeng Djoglo ini digoreng tidak terlalu kering. Rasa gurih dari kedelai ddan adonan tepungnya begitu memanjakan lidah.



Untuk minumannya, tentunya pilihan hangat panas yang paling tepat untuk dipesan. Ragam minuman di sini pun cukup banyak. Tak hanya bisa memesan teh, kopi khas daerah setempat, juga bisa menemukan Wedang Jahe, Wedang Uwuh, hingga minuman segar khas Wonosobo, yakni Carica. Untuk yang ingin mendapatkan sensasi hangat luar dalam, maka bisa menjadikan Wedang Jahe Panas sebagai minumannya.


Waroeng Djoglo

Jl. Raya Wonosobo – Temanggung (Kledung Pass), Wonosobo, Jawa Tengah

081804843123