• Maria Yuliana Kusrini

Menyantap Soto di Hidangan Aroma Coto Gagak Makassar

Nyaris setiap daerah di Indonesia memiliki menu soto. Begitu pun dengan Kota Makassar yang punya menu tradisional itu dan lebih akrab disebut dengan nama coto. Berbeda dengan soto dari daerah lainnya, soto khas Makassar atau coto Makassar menjadikan daging dan/atau jerohan sapi atau kerbau sebagai bahan bakunya yang disajikan dalam kuah berwarna gelap kecoklatan.



Kota Makassar sendiri memiliki banyak restoran yang menjual coto sebagai menu utamanya. Salah satunya yang bisa didatangi adalah tempat makan bernama Hidangan Aroma Coto Gagak. Sesuai dengan nama yang digunakan, kedai coto ini memang berlokasi di sebuah area yang bernama Jalan Gagak. Tempat makan yang berdiri sejak tahun 1973 ini terus bertahan hingga saat ini dan tetap eksis di kancah perkulineran Makassar.

Semangkok menu Coto di tempat ini punya rasa yang istimewa. Kuahnya berwarna kecoklatan yang dibuat menggunakan beberapa bumbu rempah sehingga memiliki aroma harum dan citarasa gurih memikat. Sebagai isiannya terdapat potongan daging sapi yang tebal namun memiliki testur yang empuk. Keunggulan lain dari coto di sini adalah proses memasaknya yang menggunakan bahan bakar kayu, bukan menggunakan kompor gas atau minyak.

Selain bisa memesan coto berisi daging, juga bisa memesan dengan campuran jerohan, mulai dari jantung, hari, ginjal, paru, usus, dan lainnya. Pengunjung tinggal pesan sesuai dengan selera mereka masing-masing. Saat menyantapnya, jangan lupa menambahkan sambal atau kucuran jeruk atau bisa juga disantap bersama dengan ketupat. Seporsi coto ditawarkan dengan harga yang cukup bersahabat di kantong.

Hidangan Aroma Coto Gagak

Jl. Gagak No. 27, Mariso, Makassar

0411 – 870800


© 2019 yukmakan channel