• Maria Yuliana Kusrini

Nasi Timbelnya M11 Sedap

Makan menu khas Sunda di Bogor tentunya akan jadi kebahagiaan tersendiri. Nah jika Yukmakaners sedang ingin menikmati hidangan Sunda, khususnya Nasi Timbel dengan berbagai lauk sedap bisa langsung mendatangi tempat makan bernama Nasi Timbel M11.

Nama M11 berasal dari nama jalan tempat makan ini berdiri. Sebelum berganti nama jalan jadi Jalan Rumah Sakit, tadinya bernama jalan Malabar dengan nomor rumah 11. Dan para pelanggan nasi timbel di sini pun menamainya Nasi Timbel Malabar11 atau disingkat M11. Menempati teras rumah bergaya jadul dengan pepohonan yang begitu rindang.


Nasi timbel di sini jadi primadonanya. Berupa nasi putih hangat pulen terbungkus daun pisang yang ditemani dengan berbagai lauk pauk. Nasinya memiliki aroma khas daun pisang hingga memunculkan rasa lapar. Untuk pilihan lauknya beragam mulai dari ayam goreng, ayam bakar, atau empal goreng. Juga ada pendampingnya berupa tempe dan tahu goreng, ikan asin goreng, tumis oncom, lalapan, dan sambal.

Nasi Timbel dengan lauk Ayam Goreng jadi favorit di sini. Sebelum digoreng hingga garing, ayamnya diungkep dengan aneka bumbu hingga meresap ke lapisan paling dalam. Rasa ayamnya cenderung gurih dan manis. Taburan bumbu lengkuas yang diparut pun turut menyertai si ayam goreng. Ketika dicocol dengan sambal, rasanya akan terasa makin sedap. Meski tampilan sambalnya terlihat pedas, namun rasanya cenderung manis.

Tak jauh berbeda dengan si ayam, pilihan lauk Empal Goreng juga sedap. Empal dari daging sapi ini terasa empuk saat dikunyah. Bumbunya pun meresap hingga ke serat terdalam. Empal ini menggunakan pilihan daging yang baik karena tidak banyak terlihat lemak atau tetelan. Sama dengan si ayam goreng, empal pun ditemani dengan taburan bumbu lengkuas bercitarasa gurih asin.

NASI TIMBEL M11

Jl. Rumah Sakit II No. 11, Bogor

0251 – 8328867

© 2019 yukmakan channel